Kembali ke Article

Kenali Mie dan Kembarannya

06 Feb 2020 Headline Ragam
Kenali Mie dan Kembarannya
06 Feb/2020

Tanpa disadari,  kita  memiliki beragam varian mie yang mempunyai persamaan dan perbedaannya masing-masing. Mulai dari bahan bakunya, teksturnya, bentuknya juga kegunaannya. Ada beberapa jenis mie yang hampir sama tetapi berbeda seperti soun, bihun dan misoa. Anda ingin tahu tentang “kembaran-kembaran” mie yang pernah kita jumpai? Simak sajian makanabis berikut ini.

Mie

Siapa sih yang nggak kenal sama mie..makanan yang banyak digemari dari berbagai kalangan. Bentuknya tipis memanjang, terbuat dari campuran tepung terigu dan telur. Bentuknya sangat bervariasi, ada yang lurus, keriting juga ada yang agak lebar pipih. Dengan bentuknya yang panjang, mi menjadi simbol kehidupan dan rejeki yang panjang. Saat ini bahan baku pembuatan mie tidak hanya dari tepung terigu saja tetapi juga bisa dari ubi, sayur-sayuran, gandum dan bahan lainnya yang menjadikan mie menjadi makanan sehat. Warnanya tidak hanya kuning tetapi beragam warna, seperti ungu, hijau sesuai dengan bahan baku yang digunakan.

Kwetiau

Kwetiau cukup populer di Indonesia. Mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Dengan bahan dasar dari tepung beras dapat menggantikan asupan karbohidrat. Teksturnya lembut dan kenyal, cukup enak jika ditambahkan bumbu-bumbu yang lengkap.  Penyajiannya bisa digoreng atau disiram, ditambahkan tauge, daging, telur, bakso dan tak lupa bawang gorengnya.

Bihun

Bihun atau lebih familiar lagi kita biasa menyebutnya dengan Mihun. Salah satu jenis makanan dari Tiongkok. Bahan baku makanan ini terbuat dari tepung beras. Bentuk bihun seperti mi tetapi lebih tipis dan lembut. Warnanya putih karena terbuat dari tepung beras. Setelah dimasak, teksturnya tidak selicin dan tidak mudah terputus seperti soun. Bihun memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Biasanya digunakan sebagai sajian sup, salad dan tumis atau bisa juga digoreng.

Misoa

Misoa merupakan mie halus dan tipis yang terbuat dari bahan baku tepung terigu. Mie ini berwarna putih, tipis panjang. Sebelum digunakan, misoa direndam sebentar saja dengan air panas. Teksturnya sangat lembut sehingga cocok disajikan untuk balita dan anak-anak bahkan para lanjut usia.  Misoa dapat digoreng seperti mie atau dipakai sebagai campuran sup. Dalam perayaan-perayaan istimewa warga Cina, misoa sering digunakan sebagai masakan istimewa karena melambangkan umur panjang.

Soun

Jenis mie dengan warna putih transparan berbahan dasar tepung pati seperti kacang hijau, umbi-umbian atau sagu. Bentuknya panjang dan tipis, biasanya dalam kondisi mentah teksturnya kering, kuat dan liat serta licin dan mudah terputus saat matang. Bentuknya seperti sarang burung.Rasanya tawar dan akan menyerap rasa dengan baik dalam masakan.Soun tidak perlu dimasak untuk bisa dimakan, cukup direndam dalam air mendidih selama 5-15 menit dan siap dihidangkan. Sebagai campuran masakan ,soun tidak perlu dimasak terlalu lama. Setelah direbus atau direndam, soun berwarna bening. Biasanya digunakan sebagai campuran bakso, sup, soto, semur dan berbagai masakan tumis.

 

Semua jenis mie di atas sebenarnya termasuk makanan sehat jika digunakan bersama-sama dengan berbagai sayuran dan campuran lauk pauk. Jadi, sekarang sudah tahu kan cara membedakan “kembaran” mie dan kegunaannya? Semoga ulasan makanabis ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

 

2020 ini Meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih Meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai Meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Antrean driver ojek online yang memesan menu BTS Meal di sejumlah daerah terpaksa dibubarkan...

7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Ikan salmon berasal dari ikan jenis marga Salmo dan Oncorhynchus. Kemudian serap...

Buat  yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Buat yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Domba dan kambing, dua hewan yang berbeda, tentu saja karakter dagingnya pun ber...

JELAJAH