Kembali ke Article

Kencur Obati Nyeri Sendi dan Peradangan

24 Jun 2020 Khasiat
Kencur Obati Nyeri Sendi dan Peradangan source: indoindia
24 Jun/2020

 

Yang terbiasa berkutat di dapur, pasti mudah sekali membedakan antara kencur, jahe, kunyit atau lengkuas. Secara penampilan, kencur memang sangat mirip dengan jahe tapi memiliki aroma yang sangat berbeda. Rasanya lebih pedar dibandingkan dengan jahe.

 

 

Dalam referensi ilmiah, makanabis.com mendapati fakta jika kencur merupakan jenis tanaman dari suku temu-temuan dengan nama ilmiah Kaempferia galanga L. Di Indonesia sendiri kencur dapat tumbuh dengan subur dan lumrah ditemukan di pekarangan rumah karena memang mudah dirawat. Yang belum banyak terungkap adalah 5 manfaat kencur untuk mengobati nyeri sendi dan peradangan. Bagaimana kencur bisa membantu mengatasi masalah sendi? Simak laporan makanabis berikut ini:

 

 

Anti Inflamasi

 

Kencur mengandung anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat efektif. Peradangan pada sendi bisa menjadi salah satu pemicu munculnya rasa nyeri pada sendi. Olesan tumbukan kencur   pada bagian yang nyeri bisa membantu mengatasi rasa sakitnya dan sekaligus mengurangi peradangan yang muncul.

 

Mengurangi Pembekakan

 

 

Sering kali peradangan pada persendian disertai dengan pembengkakan. Zat aktif yang terkandung pada kencur mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi sekaligus menghilangkan rasa nyeri serta mengatasi peradangannya. Itulah sebabnya nenek moyang kita selalu mengoleskan kencur saat terjadi salah urat atau keseleo. 

 

Meredakan Nyeri

 

Untuk mengatasi rasa nyerinya bisa menggunakan kencur yang ditumbuk kemudian ditapal pada bagian sendi yang terasa nyeri. Sensai hangat dari kencur akan menyerap rasa sakit pada bagian persendian dan rasa nyerinyapun berkurang. Tentu saja penyebab utama terjadinya nyeri pada sendi harus diobati kemudian.

 

Antioksidan

 

Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Dan antioksidan  antioksidan sangat baik untuk kesehatan dan salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena saat kondisi tubuh fit maka nyeri dan sakit pada persendian maka tubuh memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap nyeri yang mungkin timbul.

 

Turunkan Risiko Osteoarthritis

 

 

Ada banyak sekali kondisi yang berhubungan dengan sendi dan tulang dan salah satunya adalah osteoarthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang didiagnosa terkena osteoarthritis diberikan ekstrak kencur yang dimasukkan ke dalam kapsul ternyata terbukti dapat menurunkan risikonya. Rasa nyeri berkurang dan frekuensi kambuhannya pun ikut berkurang. 

foto : istimewa
foto : istimewa

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

JELAJAH