Kembali ke Article
Ketan Uli Betawi Kuliner Bernuansa Mistis  foto:ist
02 Nov/2019

Ketan Uli Betawi Kuliner Bernuansa Mistis

02 Nov 2019 Selera Nusantara

Ketan Uli Betawi dari namanya saja bisa kita simpulkan jika asal kuliner ini berasal dari Kota Jakarta. Ketan uli terbuat dari bahan dasar ketan hitam atau putih dan uli, perpaduan dari dua bahan ini sangatlah memanjakan lidah. Rasa dari ketan  uli sendiri  perpaduan manis dan gurih. Sepeti apa ulasannya, baca laporan Makanabis.

Rasa legit dan gurih ketan uli berasal dari uli yang dominan rasa kelapa dan bertesktur kenyal, sedangkan ketannya terasa manis dengan harum menyengat dari air fermentasi ketan. Ketan uli pada zaman dulu hanya bisa ditemukan pada saat tradisi pemotongan kerbau andilan yang kerap dilakukan masyarakat Betawi yang dilakukan menjelang lebaran. Masyarakat Betawi begitu menghormati bulan Ramadan, sehingga saat memasuki lebaran, maka mereka akan menyambutnya dengan besar-besaran. Selain adu petasan, dan berbagai kuliner, Ketan Uli juga tidak boleh absen dari daftar menu hidangan.

Banyak orang yang mempercayai kalau pembuatan ketan uli ini mengandung hal mistis. Sebab, jika melanggar pantangan, hasilnya pasti gagal total. Bahan pembuatan ketan uli adalah tape ketan, ragi tape, beras ketan putih, kelapa parut segar, dan garam. 

Pantangan  

Dibalik rasa yang nikmat ada makna dibalik makanan ini. Hal ini tergambarkan pada saat pembagian tugas antara wanita dan pria untuk proses pembuatan. Biasanya kaum pria pada proses menumbuk ketan, sedangkan para wanita pada proses memasak atau membuat ketan ulinya. Pembagian tugas ini memiliki makna dalam budaya masyarakat betawi, yaitu sebagai symbol kekeluargaan atau silaturahim yang terjalin antar keluarga.  Untuk proses pembuatannya susah gampang diawali dengan proses beras ketan dicuci hingga bersih, kemudian direndam dalam air bersih selama 2 sampai 6 jam dan dimasak hingga matang. Setelah itu, pindahkan ketan selagi panas dalam wadah dan taburi kelapa, garam, aduk hingga rata. 

Proses lain yang harus dilakukan yaitu menumbuk beras ketan selagi panas hingga ketan terlihat agak halus. Jika menginginkan ketan uli yang lembut, lanjutkan penumbukannya hingga sangat halus. Lalu, siapkan bungkus berupa daun pisang, kemudian dibungkus dan dipotong beberapa bagian. Biarkan ketan uli itu hingga dingin dan siap disantap.  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.  Paskalis Andrew/Berbagai sumber. Paskalis Andrew -

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Bagi yang gemar membuat kue sendiri, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya baking soda.Baking s...

JELAJAH