Kembali ke Article

Khao Neeo, Ketan Mangga Ala Thailand

15 May 2021 Ragam
Khao Neeo, Ketan Mangga Ala Thailand
15 May/2021

Selain Indonesia, Thailand juga dikenal sebagai surga makanan di kawasan Asia.  Makanan ini adalah mango sticky rice dalam bahasa Thailand makanan ini disebut Khao Neeo, yang biasanya disantap sebagai makanan pencuci mulut. Makanan ini berbahan dasar mangga yang dipadukan dengan tekstur lembut ketan yang diberi siraman santan yang gurih. 

 

 

Jajanan ini wujudnya berupa potongan-potongan manga yang didampingkan dengan sekepal ketan yang diatas ketan itu telah disiram dengan santan yang kental dan gurih. Kombinasi ini mungkin terdengar agak aneh bagi orang Indonesia yang belum pernah mencicipinya. Namun perpaduan itu menghasilkan rasanya sungguh lezat dan membuat ketagihan.

Menu dessert khao neeo mamuang atau mango sticky rice, buah mangga memegang peranan yang sangat penting. Tanpa kehadiran buah mangga, menu dessert ini tak lagi lezat rasanya. Buah mangga atau mamuang dalam Bahasa Thai memang menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer di Thailand. Ada beragam varian mangga dibudidayakan di negeri gajah putih ini.

 

 

Salah satu varian mangga yang paling disukai adalah varian mangga kuning yang memasuki masa panen di bulan Maret sampai Mei. Varian mangga kuning ini pula yang dipakai untuk membuat kuliner favorit mango sticky rice. 

Khao neeo di Thailand termasuk dalam golongan street food.  Makanan ini dapat dijumpai dengan mudah di pinggiran jalan. Saat ini Khao Neeo sudah banyak dijual di Indonesia.  

 

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH