Kembali ke Article

Khasiat “Menggemaskan” Daging Kelinci

30 Oct 2019 Khasiat
Khasiat  “Menggemaskan” Daging Kelinci
30 Oct/2019

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan kelinci. Kelinci banyak dijadikan sebagai binatang peliharaan karena bentuk dari kelinci yang mengemaskan. Namun kelinci tak hanya dijadikan binatang untuk peliharaan namun kelinci juga dijadikan sebagai hewan ternak dan dimanfaatkan dagingnya. 

Daging kelinci sendiri memiliki banyak manfaat dan mengandung gizi yang beragam dalam satu porsi sajian daging kelinci mentah seberat 100 gram mengandung kalori sekitar 175 kkal, 33 gram protein, 123 mg kolesterol, dan total lemak 3,5 gram dengan kandungan lemak jenuh hanya 1 gram. Kandungan zat besi dalam daging kelinci pun termasuk cukup tinggi, mampu memenuhi 27 persen kebutuhan harian Anda. Selain itu, daging kelinci juga diperkaya oleh berbagai vitamin dan mineral penting. 

Daging kelinci kaya akan vitamin B-12, vitamin B-3, magnesium, 46,8%  selenium yang berfungsi sebagai antioksidan, dan 22,4% fosfor untuk kekuatan tulang. Vitamin B-12 memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme, dan fungsi sistem saraf. Sementara vitamin B-3 atau dikenal dengan niacin, membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain kandungan gizi yang tinggi daging kelinci juga bermanfaat untuk obat asma, baik untuk jantung dan masih banyak lagi, makanabis kali ini akan membahas manfaat dari daging kelinci mari kita simak 

Tumbuh Kembang Anak 

Sudah dijelaskan diatas jika daging kelinci memiliki banyak gizi yang baik untuk kesehatan manusia. Daging kelinci juga baik untuk pertumbuhan anak-anak karena sebagai penyumbang protein Karena pada masa anak-anak sangat membutuhkan asupan protein yang sangat tinggi. Karena protein yang tinggi ini mampu mengganti sel-sel tubuh yang rusak dengan cepat. Jadi para ibu-ibu wajib perhatikan asupan gizi anak agar anak anda tetap memiliki pertumbuhan yang optimal.

Baik untuk Jantung

Daging kelinci dikenal sebagai daging yang memiliki kandungan lemak rendah yang membuat daging kelinci sangat baik untuk jantung. Karena kebanyakan penyakit jantung disebabkan pola makan yang tidak benar dan banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi.  Jadi bagi anda yang memiliki masalah dengan jantung anda bisa bisa memasukan daging kelinci sebagai menu makan anda dan perlu di ingat mengonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebih. 

Obat Asma 

Daging kelinci juga berkhasiat sebagai obat asma hal ini disebabkan karena didalam daging kelinci ada kandungan ketotifen yang dapat menjadi obat alternatif bagi penderita asma.  Bagian paling berkhasiat sebagai obat terletak pada hati kelinci. Jadi bagi kamu penderita asma, boleh dicoba nih. Disarankan untuk mengolahnya dengan cara direbus agar kandungan didalamnya dapat terjaga.

Kesehatan Janin

Bagi anda Ibu hamil sangat diwajibkan memiliki asupan baik dan benar. Supaya pertumbuhan janin anda tetap baik dan kesehatan janin terjaga.   Kandungan zat besi, protein, zat potassium akan membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan asupannya. Asupan ini bisa ditemukan didalam daging kelinci maka dari itu daging kelinci sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar membantu menjaga kesehatan janin selama dalam kandungan.

Metabolisme Tubuh

Dalam daging kelinci memiliki vitamin B12 yang tinggi yang hampir menyaingi daging sapi. Vitamin B12 ini akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh kamu. Saran bagi anda yang ingin tetap mendapatkan nutrisi yang utuh dalam daging kelinci anda bisa mengolahnya dengan cara direbus dan dikukus karena jika di bakar daging kelinci akan kehilangan nutrisinya sebanyak 35% 

Jadi bagi anda yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit asma dan jantung anda bisa memasukan menu daging kelinci dalam menu makan sehat anda, dengan catatan tidak berlebih dalam mengonsumsi.  MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmati tampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsif. Paskalis Andrew -

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH