Kembali ke Article

Klappertaart, Kue Khas Manado yang Dipengaruhi dari Negara Belanda

03 Dec 2019 Food Story Headline
Klappertaart, Kue Khas Manado yang Dipengaruhi dari Negara Belanda foto:detikfood
03 Dec/2019

Kelihatan seperti kue dari luar negeri, ya? Nyatanya, Klappertaat ini adalah kue khas Sulawesi Utara, khususnya Manado. Diwadahi dalam sebuah mangkuk berbentuk kotak atau bulat, sehingga bentuknya pun menyesuaikan. Terbuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan juga telur. Ada pula bahan tambahan berupa kacang kenari cincang juga taburan bubuk kayu manis yang membuat citarasa rempah dalam klappertaart. Memang, kue ini mendapatkan pengaruh dari Belanda. Kala itu penduduk Belanda sedang berada di Manado.

foto:keasberry
foto:keasberry

Sejarah Klappertaart

Negara Belanda menjadi negara yang meninggalkan ‘kesan’ bagi negara kita. Banyak pengaruh yang dibawa oleh Belanda ke kehidupan sehari-hari di Indonesia. Mulai dari tradisi hingga penamaan anak. Salah satunya adalah dalam hal kuliner. Kala itu penduduk belanda mendiami Manado. Para pedagang belanda membawa kue ini. Dari namanya saja sudah sangat kentara, yaitu berasal dari kata ‘klapper’ dan ‘tart”, dimana ‘Klapper’ diambil dari kata buah ‘kelapa’ yang diucapkan dalam lafal orang Belanda, sedangkan ‘tart’ berasal dari bahasa Belanda untuk kue.

Selain itu, bisa juga dilihat dari salah satu bahan yang digunakan, yaitu rum. Awal mulanya kue ini hanya beredar khusus di Manado. Kini, kue klappertaart tak hanya bisa dinikmati orang Manado saja.

foto:id.carousell
foto:id.carousell

Dua cara membuat klappertaart

Ada dua cara dalam pembuatan kue klappertaart, yang mempengaruhi tekstur kuenya. Pertama, dibuat dengan proses dikukus dan yang kedua adalah pemanggangan. Kue klappertaart yang dibuat dengan proses dikukus, akan menghasilkan tekstur yang sangat lembut dan langsung meleleh di mulut. Rasanya persis ketika kamu memakan custard. Tentunya paling enak dikonsumsi ketika dingin.

Apabila melewati proses pemanggangan, maka teksturnya menjadi seperti roti yang padat dan bisa dipotong seperti kue pada umumnya. Sehingga enggak harus dikonsumsi dalam keadaan dingin dan biasanya lebih awet.

foto:merahputih
foto:merahputih

Cita rasa klappertaart

Dari bahan pembuatannya saja, kita pasti tahu jika cita rasanya akan manis dan juga gurih. Awalnya rasa kue ini hanya berupa kacang kenari. Namun kini rasanya semakin bervariasi, seperti cokelat, keju, rum, durian, dan raisin, hingga blueberry. Bahan rum yang mencari ciri khas dari klappertaart juga kini tidak semuanya menggunakan, mengingat ada juga yang tidak diperbolehkan mengonsumsi rum.

Kalori Tinggi

Dalam hal ini pada akhirnya beberapa penjual klappertaart mencoba ‘merubah’ bahan-bahannya. campuran adonan yang digunakan, diubah menjadi lebih rendah jumlah kandungan kalorinya. Cotnohnya adalah dengan menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan juga pemanis rendah kalori.

Wisata ke Tanah Minahasa? Jangan lupa menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh ya. Harganya beragam, bergantung dengan ukuran kue klappertaart yang kamu beli. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH