Kembali ke Article

Kompyang alias Guang Bing, Ransum Perang Pasukan China

23 Aug 2021 Food Story
Kompyang alias Guang Bing,  Ransum Perang Pasukan China source : sixth tone
23 Aug/2021

 

Kita mungkin sering membeli dan memakan kompyang. Walau bentuknya sederhana dan mudah dibuat, kompyang memiliki sejarah panjang.  Roti kompyang adalah roti kuno yang berasal dari China. Konon diriwayatkan penemu kompyang bernama  Qi Jiguang. Jiguang  terinspirasi dari onigiri Jepang.

 

 

 

Kisahnya diawali ketika Qi Jiguang tengah  memimpin tentaranya ke Fujian pada 1562 Masehi. Pasukan perompak Jepang selalu dengan mudah dapat menemukan posisi pasukannya. Dimana mereka beristirahat, mereka selalu terdeteksi lawan. Setelah diselidiki, ternyata pasukan China ini mudah diketahui karena adanya asap. Rupanya saat saat istirahat, pasukan ini harus memasak untuk mengisi perut mereka. 

source : alchetron
source : alchetron

 

Tentu saja hal ini sangat mengesalkan, jika tidak memasak, mereka juga tidak akan punya tenaga untuk berperang. Hal ini berbeda dengan pasukan Jepang yang sulit diketahui posisinya, karena berhari-hari mereka tidak memasak. Saat diselidiki dan dari introgasi dari prajurit Jepang yang tertangkap, diketahui mereka tetap dapat berperang tanpa memasak ransum, karena mereka membekali diri dengan onigiri.

 

 

 

Qi Jiguang membuat Guang Bing alias kompyang sebagai ransum, karena bentuknya keras dan dapat  tahan lama. Roti ini kemudian diikat di badan mereka sehingga, pasukan masih tetap dapat mengisi perut mereka walau tengah berperang. Dan benar, inovasi ransum itu membuat bisa menang perang. 

source : lokal
source : lokal

 

Kompyang sengaja dibuat keras dan teksturnya tidak mudah hancur, karena untuk ransum perang. Roti ini berbentuk bulat pipih dan konon dahulu ada lubang di tengahnya yang bertujuan agar roti ini bisa dirangkai menyerupai kalung sehingga para tentara bisa dengan mudah memakannya.

 

 

 

 

Saat ini ada banyak sekali  variasi roti kompyang. Pada zaman modern ini roti ini sering disajikan sebagai teman minum teh atau kopi. Ada pula yang menyantap roti kompyang ini dengan cara mencelupkan ke dalam cream soup. Banyak sekali resep roti kompyang, ada yang memakai ragi,    memakai air abu dan ada juga  yang sudah dikombinasikan dengan berbagai bahan isian. source : NCC Bread Week.

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH