Kembali ke Article

Konsumsi ini, Insomnia Minggat

29 Aug 2020 Headline Khasiat
Konsumsi ini, Insomnia Minggat foto : insider
29 Aug/2020

 

Insomnia atau susah tidur adalah penyakit yang umum terjadi pada zaman modern ini. Ada banyak penyebab dan pemicunya. Banyak orang memilih mengabaikan insomnia, karena dianggap bukan penyakit gawat. Padahal kurang tidur tentu akan membuatmu menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, bahkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

 

 

Menurut jurnal ilmiah, kebutuhan tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Waktu tidur yang kurang akan menyebabkan terganggunya kesehatan emosional seperti  cepat marah, sering cemas, menyebabkan kegemukan hingga menyebabkan kerusakan pada kulit dan wajah. Berikut ini makanabis akan berbagi obat alami untuk mengatasi insomnia. 

 

Susu Hangat dan Madu

 

Minum susu hangat di malam hari akan membantu untuk tidur nyenyak. Segelas susu mengandung tryptophan dan asam amino. Tidak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur. Madu kaya akan glukosa yang berguna untuk memerintahkan otak untuk menurunkan kinerja oreksin. Hanya perlu meminum satu gelas susu hangat dan sesendok madu untuk dapat tidur nyenyak.

 

 

 

Pisang

 

Pisang sangat tepat untuk mengatasi masalah insomnia.  Kandungan melatonin dan triptophan yang oleh enzim pencernaan akan diubah menjadi serotonin pada pisang dapat membantu tubuh agar dapat memasuki fase relaksasi dan tertidur.  Pisang juga mengandung magnesium yang membantu meredakan otot-otot tubuh yang tegang, sehingga kamu merasa lebih rileks.

 

Oatmeal

 

Kamu pasti tidak akan bisa tidur dalam keadaan lapar. Nah, sebelum tidur, cobalah mengonsumsi semangkukoatmeal atau havermut. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini dapat merangsang produksi alami serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan makanan bekerja lebih lambat, sehingga perut akan terasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu, oatmeal juga memicu produksi insulin yang akan membuat kadar gula dalam darah meningkat, sehingga kamu akan merasa sangat mengantuk. Karena terbuat dari gandum yang kaya akan melatonin, oatmeal pun bisa buat tubuh jadi rileks dan kamu cepat tertidur.

 

 

 

foto: medical news today
foto: medical news today

 

Relaxing Tea

 

Walaupun teh mengandung kafein, tapi beberapa jenis teh dapat memberikan efek penenang ringan, sehingga kamu pun akan mudah untuk tidur. Teh penenang yang paling populer untuk mengatasi insomnia adalah peppermint dan teh herbal. Selain itu, teh chamomile juga sangat baik untuk diminum sebelum tidur, karena mengandung glisin yang dapat merilekskan saraf dan otot.

 

Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan ternyata dapat membauat cepat tidur. Kacang yang baik untuk insomnia adalah kacang almond. Kandungan magnesiumnya yang tinggi dan triptofan di dalamnya dapat membantu mengurangi fungsi saraf dan otak. Kacang almond dapat menstabilkan irama jantung, dan saat sudah detak jantung stabil rasa kantuk akan lebih cepat datang. Kacang brasil dan kenari juga merupakan camilan yang baik, karena mengansung protein, kalium, dan selenium yang membuat hormon tidur bekerja lebih baik.

 

Salad

 

Salad sangat baik untuk dimakan   pada malam hari karena tidak menggemukkan badan, salad yang memiliki selada di dalamnya juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan lactucarium di dalam selada memiliki sifat sedatif dan melemaskan otak. bbs

Article Lainnya


Cara Alami Obati  Radang  Usus   Buntu

Cara Alami Obati Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yan...

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya, tubuh memperoleh bahan ...

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Buat Sendiri Minuman Detoxmu!!

Buat Sendiri Minuman Detoxmu!!

Detox atau detoksifikasi artinya proses pembuangan toksin atau racun dalam tubuh. Detox yang dilakuk...

JELAJAH