Kembali ke Article

Kopi Luwak, Siasat Pribumi Merasakan Kenikmatan Minuman Dunia

10 Oct 2019 Coffee N Tea
Kopi Luwak, Siasat Pribumi Merasakan Kenikmatan Minuman Dunia
10 Oct/2019

.

Dari namanyasaja sudah kita ketahui jika kopi ini berasal dari luwak atau dengan nama latinParadoxurus hermaphroditus, luwak atau musang merupakan mamalia yang tinggaldibatang pohon yang tinggi.  Luwakdigolongkan sebagai hewan omnivora. Makanan utamanya adalah buah-buahan sepertipepaya, rambutan, mangga, dan pisang. Luwak juga memakan hewan " hewan kecilseperti serangga. 

Kopi luwakjuga diakui jika memiliki kenikmatan tersendiri, Namun yang membuat kopi iniberbeda dengan kopi lainnya terletak pada asal kopi ini. Karena  berasal dari biji kopi yang sudahdifermentasi dalam sistem pencernaan luwak dengan kata lain biji kopi ini berasaldari feses luwak. Hasil dari fermentasi dari perut luwak dapat membuat bijikopi memiliki tekstur yang halus.  Seperti apa kisahnya, baca ulasan makanabis.


.

Sejarah Kopi Luwak 

Kopi luwakditemukan pada awal abad ke-18, pada masa itu pemerintah colonial Belandasedang membuka lahan untuk perkebunan tanaman komersial di daerah Pulau Jawadan Sumatera. Salah satunya adalah perkebunan kopi Arabica dengan bibit yangdidatangkan dari Yaman. 

Pada era"Tanam Paksa" atau Cultuurstelsel (1830"1870), Belanda melarangpekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akantetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudianpekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemarmemakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari danbiji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak inikemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan airpanas, maka terciptalah kopi luwak. 

Kopi luwakmemiliki nilai jual yang tinggi hingga jutaan untuk harga perkilogramnya, dikarenakanrasanya yang sangat enak dan prosesnya yang begitu panjang. Namun tak hanya ituyang menjadi kelebihan kopi luwak.  


.

Rasa

Sekilas jikakita amati tampilan dari kopi luwak tidak ada yang berbeda dengan kopi lainnya.Perbedaann itu muncul dari aroma dan rasa. Rasa kopi luwak sangat halus, tidakada rasa getir, dan ada sedikit asam buah yang menyegarkan. Rasa akhir atauaftertaste dari kopi termahal ini sangat clean, tidak meninggalkan getir.

Kopi luwakIndonesia hampir selalu memiliki rasa fruity yang unik. Padahal, biji kopi tiapdaerah memiliki karakter rasa yang berbeda-beda. Proses fermentasi alami diperut luwak inilah yang memunculkan rasa fruity yang kuat saat sudah diseduh. Aromaminuman mewah ini lebih harum dan lebih kuat. Tidak ada sedikit pun jejak baufeses hewan atau bau yang tidak sedap lainnya. 


.

Kandungan Zat

Jikaanda merasa jijik karena mendengar asal kopi ini anda harus memutar pemikirananda kembali karena dalam kopi memiliki berbagai macam zat yang terkandung didalamnya:  Presentase kadar kafein kopiluwak robusta sebesar 1,77% dan luwak arabika 1,74%, sedangkan pada kopirobusta biasa 1,91% dan arabika biasa 1,85%. 2. Presentase protein terkandungdalam kopi luwak robusta 16,23% dan luwak arabika 14,84%, sedangkan pada kopirobusta biasa 18,34% dan arabika biasa 16,72%. 3. Kadar lemak pada kopi luwakrobusta 18,45% dan luwak arabika 19,76%, sedangkan pada kopi robusta biasa16,41% dan arabika biasa 17,37%. Sudah gak zamanmakan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%,penasaran? cari tahu di meeberian. " Paskalis Andrew " 

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH