Kembali ke Article

Kopi Luwak, Siasat Pribumi Merasakan Kenikmatan Minuman Dunia

10 Oct 2019 Coffee N Tea
Kopi Luwak, Siasat Pribumi Merasakan Kenikmatan Minuman Dunia
10 Oct/2019

 

Dari namanya saja sudah kita ketahui jika kopi ini berasal dari luwak atau dengan nama latin paradoxurus hermaphroditus, luwak atau musang merupakan mamalia yang tinggal dibatang pohon yang tinggi.  Luwak digolongkan sebagai hewan omnivora. Makanan utamanya adalah buah-buahan seperti pepaya, rambutan, mangga, dan pisang. Luwak juga memakan hewan-hewan kecil seperti serangga. 

 

 

Kopi luwak juga diakui jika memiliki kenikmatan tersendiri,  yang membuat kopi ini berbeda dengan kopi lainnya terletak pada asal kopi ini. Karena  berasal dari biji kopi yang sudah difermentasi dalam sistem pencernaan luwak dengan kata lain biji kopi ini berasal dari feses luwak. Hasil dari fermentasi dari perut luwak dapat membuat biji kopi memiliki tekstur yang halus.  Seperti apa kisahnya, baca ulasan makanabis.

 

Sejarah Kopi Luwak 

Kopi luwakditemukan pada aw l abad ke-18, pada masa itu pemerintah kolonial Belanda sedang membuka lahan untuk perkebunan tanaman komersial di daerah Pulau Jawa dan Sumatera. Salah satunya adalah perkebunan kopi Arabica dengan bibit yang didatangkan dari Yaman. 

 

 

Pada era tanam paksa atau cultuurstelsel (1830-1870), Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin juga mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak. 

 

Kopi luwak memiliki nilai jual yang tinggi hingga jutaan untuk harga perkilogramnya, dikarenakanrasanya yang sangat enak dan prosesnya yang begitu panjang. Namun tak hanya itu yang menjadi kelebihan kopi luwak, berikut ini ulasan beberapa kelebihan kopi luwak : 

 

Rasa

Sekilas jika kita amati tampilan dari kopi luwak tidak ada yang berbeda dengan kopi lainnya. Perbedaann itu muncul dari aroma dan rasa. Rasa kopi luwak sangat halus, tidak ada rasa getir, dan ada sedikit asam buah yang menyegarkan. Rasa akhir atau after taste dari kopi termahal ini sangat clean, tidak meninggalkan getir.

 

 

Kopi luwak Indonesia hampir selalu memiliki rasa fruity yang unik. Padahal, biji kopi tiap daerah memiliki karakter rasa yang berbeda-beda. Proses fermentasi alami diperut luwak inilah yang memunculkan rasa fruity yang kuat saat sudah diseduh. Aroma minuman mewah ini lebih harum dan lebih kuat. Tidak ada sedikit pun jejak bau feses hewan atau bau yang tidak sedap lainnya. 

 

Kandungan Zat

Jika Anda merasa jijik karena mendengar asal kopi ini, anda harus memutar pemikiran Anda kembali karena dalam kopi memiliki berbagai macam zat yang terkandung didalamnya:  Presentase kadar kafein kopiluwak robusta sebesar 1,77% dan luwak arabika 1,74%, sedangkan pada kopirobusta biasa 1,91% dan arabika biasa 1,85%. 2. Presentase protein terkandungdalam kopi luwak robusta 16,23% dan luwak arabika 14,84%, sedangkan pada kopirobusta biasa 18,34% dan arabika biasa 16,72%. 3. Kadar lemak pada kopi luwakrobusta 18,45% dan luwak arabika 19,76%, sedangkan pada kopi robusta biasa16,41% dan arabika biasa 17,37%.  Paskalis Andrew.

 

  

Article Lainnya


3 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

3 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh hitam dihasilkan dari proses fermentasi selain disaring berkali-kali. Karena perbedaan d...

Kopi Biji Salak Obat Asam Urat & Hipertensi

Kopi Biji Salak Obat Asam Urat & Hipertensi

Saat memakan buah salak pasti hanya buah dagingnya yang kita makan, biji dan...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Sarapan Pancake Pisang

Sarapan Pancake Pisang

Kue dadar ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, terigu, telur, gula dan susu. Setelah...

JELAJAH