Kembali ke Article

Kuliner Legendaris yang Mulai Langka di Daerahnya

23 May 2021 Selera Nusantara
Kuliner Legendaris yang  Mulai Langka di Daerahnya source : mewalik-jaya
23 May/2021

 

Setiap daerah memiliki makanan khasnya tersendiri. Beberapa makanan khas tersebutbahkan disebut legendaris karena sudah ada sejak lama. Kali ini Makanabis akan mencoba membahas mengenai kuliner legendaris yang sayangnya sudah mulai langka di daerahnya. Apakah kamu pernah mencobanya?

 

source : swaraguna
source : swaraguna

 

Semanggi

 

Selain terkenal dengan lontong balap, Surabaya juga terkenal dengan kuliner semangginya. Semanggi ini termasuk makanan sehat, karena terdiri dari sayur semanggi yang dituang bumbu yang berbahan dasar ketela rambat, dan dimakan bersama kerupuk puli. Wadahnya pun sangat unik,  menggunakan pincuk. Di Surabaya sendiri sudah cukup sulit menemukan makanan ini. Akan tetapi, kamu bisa menemukannya diacara kuliner budaya ataupun CFD pada hari minggu pagi.

 

source : pertekomuta
source : pertekomuta

 

Kerak Telor

 

Kalau yang ini kamu pasti tahu asal tempatnya. Yup, kerak telor adalah makanan legendaris masyarakat betawi. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah beras ketan putih, telur, ebi  atau sejenis udang kering yang diasinkan, bawang merah goreng, dan beberapa bumbu halus seperti kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Cara membuatnya pun sangat unik, yaitu dengan menuangkan adonan bahan tersebut kedalam wajan tanpa menggunakan minyak. Kemudian, setelah sudah setengah matang, wajan tersebut akan dibalik menghadap panasnya arang. Alhasil adonan tersebut menjadi ‘kerak’. Rasanya perpaduan antara gurih dan juga manis.

 

source : solo carnival
source : solo carnival

 

Cabuk Rambak

 

Kali ini adalah makanan legendaris dari Solo. Sajian ini berisikan ketupat yang dipotong tipit namun berukuran besar, sambal dari beras dan wijen sangrai yang ditumbuk,diberikan daun jeruk dan cabai. Cabuk sendiri adalah wijen. Oh iya, jangan terkecoh dengan warna sambalnya. Rasanya bisa bikin lidahmu bergoyang kepedasan! Wadahnya menggunakan pincuk, yaitu daun pisang yang bagian ujungnya mengkerucut. Sebagai tambahan untuk menyantap makanan ini, biasa didampingi dengan kerupuk kulit atau rambak. Akan tetapi diganti dengan kerupuk gendar atau karak, karena harga rambak yang mahal. Makanan ini bisa dibilang sebagai makanan camilan, karena tidak cukup membuatmu kenyang ketika menyantapnya. 

source : merah putih
source : merah putih

 

Kelaq Batih

 

Makanan ini terlihat seperti sup kacang merah, ya? Padahal ini adalah Kelaq batih, makanantradisional khas Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTT). Biji buncis yang sudah tua dan daun singkong muda adalah bahan utama kelaq batih. Bumbu yang digunakan menimbulkan cita rasa yang kuat dan khas, yang disebut dengan ragi beleq dalambahasa sasak. Bumbu tersebut terdiri dari merica, ketubar, kencur, jahe, lengkuas, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan penyedap.

 

 

Article Lainnya


Ini Beda Asinan Betawi & Asinan Bogor

Ini Beda Asinan Betawi & Asinan Bogor

Asinanadalah sejenis makanan yang unik. Karena walau namanya asinan, tenyata pembuatan...

Ternyata Ini Beda Soto Banjar

Ternyata Ini Beda Soto Banjar

Secara konsep, soto Banjar menggunakan bumbu dasar yang sama dengan soto-soto lain di Nusantara ini....

Cukup 10 Menit, Daun Singkong, Hijau Cantik Ala Resto Padang

Cukup 10 Menit, Daun Singkong, Hijau Cantik Ala Resto Padang

Singkong sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung, terutama di daer...

Cara Cepat Jual Kuliner Via Online

Cara Cepat Jual Kuliner Via Online

Menurut riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019, pengguna media sosial d...

JELAJAH