Kembali ke Article

Kuliner Kembaran Bangsa Serumpun

22 Oct 2019 Ragam
Kuliner Kembaran Bangsa Serumpun
22 Oct/2019

Malaysia adalah salah satu negara tetangga terdekat Indonesia. Seperti halnya tetangga rumah, seringkali untuk beberapa hal, aka nada suatu kemiripan. Salah satunya adalah kemiripan kulinernya. Ada beberapa makanan khas Malaysia yang mirip banget dengan makanan di Indonesia, lho. Beda penyebutan, beda beberapa bahan pembuatan, namun cukup mirip. Kali ini Makanabis akan membahas kuliner Malaysia yang kembaran dengan kuliner Indonesia!

Nasi kerabu

Makanan pertama adalah nasi kerabu. Penampakannya mirip dengan nasi pecel khas Indonesia, ya? Hanya saja nasinya memiliki warna yang unik, yaitu berwarna biru. Tapi jangan khawatir, karena warna biru ini didapatkan dari pewarna alami kelopak bunga telang. Isiannya berupa nasi, sayur taoge, ayam goreng, telur rebus, dan tak lupa dengan sambalnya plus kerupuknya.

Nasi Kandar

Siapa bilang Cuma di Indonesia saja kamu bisa menemukan nasi padang? Ternyata Malaysia juga punya ‘nasi padang’, lho. Nama menunya adalah nasi kandar. Sama seperti di Indonesia, nasi kandar juga dijual dengan model prasmanan. Lauknya pun mirip lho, seperti cumi-cumi, rendang bahkan ayam pop. Sambal yang digunakan juga sambal ijo. Rasanya lebih enak nasi padang atau nasi kandar, ya?

Nasi lemak

Ini nih menu makanan yang mungkin sering didengar di serial Upin dan Ipin. Sesuai dengan namanya, nasi lemak ini berisikan makanan yang ‘berlemak’, seperti ayam goreng, telur dadar, sambal teri, dan kacang. Nasinya gurih, karena dibuat dengan menggunakan santan, daun pandan dan daun salam. Mirip banget sama nasi uduk khas betawi, ya? Kayaknya cuma beda di penamaan aja, deh.

Laksa

Bukan, bukan salah satu jenis pasta khas Italia. Laksa ini mirip banget sama lontong opor khas Indonesia. Memiliki kuah santan yang kenyal dan kaya akan bumbu rerempahan. Bedanya hanya pada isiannya. Laksa berisi mi, udang, telur, serta tahu. Beda banget dengan lontong opor ya?

Rendang

Eeeh, namanya sama-sama rendang? Yup, penyebutannya disana pun rendang. Akan tetapi cara pembuatan dan bahan yang digunakan berbeda, lho. Bedanya, rendang dari Malaysia dimasak menggunakan kelapa parut yang disangrai. Jelas ini akan mempengaruhi rasa dari keduanya. Dagingnya pun bisa menggunakan daging ayam.

Pasembur

Malaysia ternyata juga memiliki kuliner gado-gado seperti Indonesia. Isiannya berupa tahu, mentimun, kentang, tauge rebus, udang goreng dan cumi-cumi. Kemudian isian ini disiram dengan saus kacang yang memiliki aroma yang cukup menyengat. Meski begitu, cita rasanya manis dan gurih. Gimana? Kamu tertarik mencoba kembaran kuliner Indonesia ini ketika berkunjung ke Malaysia? MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmati tampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsif. Putri P

Article Lainnya


Stop!!! Jangan Makan 4 Makanan ini Bersama Telur

Stop!!! Jangan Makan 4 Makanan ini Bersama Telur

Walau memiliki kandungan protein tinggi , telur bisa juga membahayakan bagi tubuh. Memang sa...

Multi Guna Kencur Obat Herbal Alami

Multi Guna Kencur Obat Herbal Alami

Bumbu dapur yang satu ini memang fenomenal, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ma...

Pakar Gizi Tegaskan Nasi Putih Bukan Penyebab Diabetes

Pakar Gizi Tegaskan Nasi Putih Bukan Penyebab Diabetes

Santer beredar kabar di masyarakat bahwa konsumsi nasi dapat menyebabkan penyaki...

Sensasi Pedas Meledak Ayam Rica-Rica

Sensasi Pedas Meledak Ayam Rica-Rica

Kulilner yang satu ini akanmakanan khas Manado . Nama rica-rica ini berasal dari bahas...

JELAJAH