Kembali ke Article
Kuliner Serba Pisang di Nusantara! foto:tiiffinbiru
29 Nov/2019

Kuliner Serba Pisang di Nusantara!

29 Nov 2019 Selera Nusantara

Buah pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Berbeda dengan durian, bau pisang sangatlah lembut dan harum. Teksturnya yang padat namun lembut, rasanya pun manis. Selain enak dimakan langsung, pisang juga kerap diolah menjadi berbagai sajian yang gak kalah enak! inilah kuliner pisang yang berhasil dirangkum oleh makanabis. 

Pisang Epe

Berkunjung ke Makassar, enggak lengkap kalau belum mencicipi pisang epe. Kuliner ini berbahan dasar pisang yang dijepit, kemudian dibakar di atas arang. “epe” sendiri artinya dalam bahasa lokal adalah jepit. Pisang yang akan dibakar, dijepit, kemudian barulah dibakar hingga matang. Pisang menjadi pipih dan membekas kecokelatan di bagian yang dijepit. Saat disajikan, pisang epe akan dituang gula merah cair di atasnya. Yummy!

Pisang Gapit

Disebut dengan pisang gapit, karena dalam proses pembuatannya pisang akan dicepit dengan menggunakan alat penjepit dari kayu. Pisang tersebut lantas dibakar di atas bara api dari arang. Alhasil bentuk pisang jadi lebih pipih. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang kepok. Pisang yang telah matang, kemudian dipotong-potong dan dituangkan kuah kecokelatan yang terbuat dari campuran gula merah, santan dan potongan nangka.

Gulai Pisang

Enggak hanya ayam yang bisa dibuat menjadi gulai, karena buah pisang pun bisa. Kuliner unik ini datang dari Bengkulu. Cara buatnya seperti membuat gulai pada umumnya, hanya saja, menggunakan pisang kepok. Jangan tertipu dengan tampilannya, karena rasanya sangat lezat dan manis-gurih. Sayangnya menu ini sudah jarang dibuat.

Pisang rai

Pulau dewata Bali juga punya jajanan berbahan dasar pisang, lho. Namanya adalah pisang rai. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang tanduk. Dibalut dengan suatu adonan yang terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan juga santan, kemudian ditambahkan daun suji atau pandan untuk pewarnanya. Ketika disajikan, pisang akan dipotong-potong, kemudian ditaburi dengan kelapa parut dan dituang kinca gula merah. Enak!

Carang Gesing

Carang gesing merupakan kue tradisional khas Solo, Jawa tengah. Berbahan dasar buah pisang, dan juga dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis dan legit. Hal ini karena santan yang digunakan cukup pekat. Ketika memakannya, kamu bisa merasakan potongan kecil buah pisang. Buah pisang tersebut melekat karena biasanya ditambahkan roti tawar di dalamnya. Buah pisang yang digunakan biasanya adalah jenis pisang kepok atau pisang raja.

Barongko

Sekilas mirip sekali dengan carang gesing, ya? Namun ini adalah jajanan tradisional khas Bugis-Makassar. Sama-sama berbahan dasar buah pisang dan dibungkus dengan daun pisang, namun punya perbedaan lho. Dibandingkan carang gesing, bahan-bahan yang digunakan dalam barongko dihaluskan. Santannya pun tidak sepekat carang gesing, dan jenis pisang yang digunakan adalah pisang ambon. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Pisang Kapik

Kuliner jajanan tradisional Bukittinggi, Sumatera Barat ini berbahan dasar pisang kepok. Dalam proses pembuatannya, mirip dengan pisang epe ataupun pisang gapit, yaitu dijepit. Namun, pisang kapik ini dijepit hingga sepipih mungkin seperti membentuk lempengan. Dalam penyajiannya pun tidak menggunakan gula merah cair, namun diberikan parutan kelapa berwarna merah kecokelatan di atasnya. Parutan kelapa ini telah dicampur dengan gula merah yang sudah dimasak.

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH