Kembali ke Article

Lawan Diabet dengan 5 Bumbu Dapur

09 Jan 2020 Khasiat
Lawan Diabet dengan 5 Bumbu Dapur
09 Jan/2020

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan.  Efek dari diabetes   bisa menimbulkan komplikasi pada organ tubuh lain, seperti penyakit kardiovaskular, gagal ginjal dan kerusakan saraf. Secara medis, sejak zaman dahulu berbagai ramuan alami sudah digunakan untuk mengobati diabet. Penelitian ilmiah telah menemukan efektivitas beberapa tumbuhan dan rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengatasi diabetes.  Berikut Makanabis rangkumkan dari berbagai sumber, 5 bumbu dapur dapat membantu mengobati diabetes.

Kunyit

Kunyit adalah  obat diabetes alami untuk mengendalikan gula darah. Kandungan antioksidannya mampu menurunkan kadar gula darah diabetes turun hampir 18% setelah mengonsumsi 300 mg kunyit setiap harinya. Sementara dari penelitian lain menunjukkan, 1,5 gram kunyit yang dikonsumsi setiap hari selama sepuluh bulan dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 pada gejala prediabetes.

Bawang Merah

Seperti kunyit, bawang merah  pada sebuah penelitian yang melibatkan penderita diabetes tipe 1 dan 2 menunjukkan mengkonsumsi bawang merah mentah 100 gram per hari dapat menurunkan gula darah. Penelitian lain menyebutkan bawang merah mampu menurunkan kadar gula darah. Bawang merah juga mampu meningkatkan kadar insulin yang pada gilirannya akan membantu proses glikolisis yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Kayu Manis

Kayu manis punya peran penting dalam menurunkan tingkat resistensi insulin, dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena efek kayu manis untuk mengendalikan kadar gula darah.

Jintan Hitam

Sudah sejak lama jintan hitam dipercaya sebagai obat aneka penyakit, termasuk diabetes. Jintan hitam atau habbatussauda diketahui dapat melawan peradangan, menurunkan kadar lemak darah, Habatussauda sebagai obat herbal diabetes berasal dari kandungan antioksidan thymoquinone. Antioksidan ini diamati dapat mengendalikan gula darah sekaligus membantu memperbaiki produksi sekresi insulin. Antioksidan thymoquinone juga dapat mencegah terjadinya dislipidemia diabetik, kondisi saat kadar lemak dalam darah tidak normal, bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jahe

Dalam penelitian, terbukti jahe mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c pada 88 penderita diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama delapan minggu. Jahe juga  diketahui dapat mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi mata, serta penyakit jantung akibat diabetes.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew

Article Lainnya


Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Setelah Idul Adha biasanya stok daging masih tersisa melimpah di kulkas. Yang agak ribet adalah menf...

Minyak Ikan, Untuk  Berat Badan Ideal

Minyak Ikan, Untuk Berat Badan Ideal

Memiliki postur yang ideal adalah idaman semua orang. Tentu saja semua itu mensyaratkan pemenuhan ke...

Ini Rahasia Ayam Goreng  Lunak Hingga Tulang

Ini Rahasia Ayam Goreng Lunak Hingga Tulang

Konsumsidaging ayam di Indonesia terus meningkat. Jika di 2017 sudah mencapai 5,68 kg per kapi...

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang mengering seiring dengan pertumbuhan sarang. Ai...

JELAJAH