Kembali ke Article

Lumbung Pangan Jatim Raih Juara I Inovasi New Normal Life

23 Jun 2020 event
Lumbung Pangan Jatim Raih Juara I Inovasi New Normal Life foto : kominfo jatim
23 Jun/2020

 

Bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (22/6), Pemprov Jatim mendapatkan  hadiah Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 5 miliar.  Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.  

 

"Alhamdulillah, ini prestasi seluruh warga  Jatim yang sudah bahu membahu dan bergotong royong selama pandemi. Khususnya para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di Jawa Timur," ungkap Khofifah.

 

 

Seperti diketahui, Program Lumbung Pangan Jatim dinobatkan sebagai Juara 1. Sedangkan sektor tempat wisata, penyiapan era new normal untuk tempat wisata Bromo dinobatkan sebagai juara 2. Lumbung Pangan Jatim adalah format baru pasar modern yang dirancang saat pandemi Covid-19 berlangsung. 

 

Dalam pelaksanaannya, Lumbung Pangan Jatim menerapkan SOP protokol kesehatan. Saat transaksi   menerapkan physical distancing dan agar tidak terjadi kerumunan. Jika ada pembeli yang antre di lokasi, panitia sudah menyediakan kursi duduk yang diatur berjarak dua meter sebagai tempat antrean.

 

 

Untuk memberikan kepastian harga dibawah pasar, Pemprov Jatim senantiasa  melakukan pengecekan harga setiap jam 6 pagi. “Kami kirim tim untuk cek harga di pasar-pasar yang menjadi samplingnya BPS (Badan Pusat Statistik). Ada 26 pasar yang menjadi sampling BPS. Semua ini untuk memudakah warga jatim dalam mengakses pemenuhan kebutuhan sembako mereka,” jelas Khofifah pada Makanabis.com.

 

Bekerjasama dengan PT Meeber Teknologi Indonesia, Lumbung Pangan Jatim juga menyediakan layanan pre order melalui drive thru dengan aplikasi Meeberian, untuk meminimalisir kerumunan dan kontak antar manusia. Cara ini sangat praktis, karena bisa mengatahui harga dan ketersediaan produk yang akan dibeli, menentukan waktu pengambilan barang dan yang pasti cepat dari transaksi konvensional. Pre order dengan Meeberian juga sangat mudah karena tersedia metode cashless yang banyak pilihan payment.

 

 

Layanan Lumbung Pangan Jatim sudah diperluas hingga Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan serta Kabupaten Bangkalan. Mulai minggu ketiga bulan Juni, kelima daerah itu bisa menikmati layanan sembako murah bebas ongkos kirim. "Ini merupakan inovasi perluasan jangkauan layanan dari kami untuk warga masyarakat Jatim, jadi layanannya tidak hanya di Surabaya Raya,” pungkas Khofifah. 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH