Kembali ke Article

Lumpia-Lumpia Berbagai Belahan Dunia!

12 Nov 2019 Ragam
Lumpia-Lumpia  Berbagai Belahan Dunia!
12 Nov/2019

Siapa yang suka makan lumpia? Jajanan satu ini cukup populer di Indonesia, tepatnya di kota Semarang. Isi dari lumpia khas Semarang ini adalah rebung, wortel, telur, daging ayam atau daging udang. Ada lumpia basah dan lumpia goreng. Keduanya biasa dicocol dengan saus khas dan juga dengan daun bawang. Lumpia juga merupakan kuliner yang dimiliki oleh beberapa negara. Kita bandingkan, yuk!

Goi Cuon

Kamu pasti sering lihat jika jajanan ini dijadikan ASMR, kan? Ini adalah lumpia sehat khas Vietnam. Kulit lumpianya sangat tipis, sampai kita bisa melihat isian di dalamnya. Yup terdapat udang rebus berwarna oranye yang lezat didalamnya beserta dengan selada. Dinikmati dengan cara dicocol dengan saus khas berwarna oranye. Benar-benar sehat karena tidak digoreng dan isiannya pun segar.

Chiko Roll

Lumpia khas negeri kangguru ini terdiri dari daging sapi, kubis, seledri, wortel, barleys, dan kacang hijau. Bahkan mereka juga menambahkan nasi didalamnya. Berasa kayak makan sushi gitu, ya? Semua bahan tersebut kemudian ditambah rempah-rempah dan dibalut dengan kulit lumpia. Chiko rolls ini adalah salah satu contoh makanan cepat saji yang ada di Australia. Dimasukkan ke dalam wadah seperti wadah kebab.

Egg Rolls

Jika Australia punya chiko roll, maka Amerika punya egg rolls. Berisikan kubis, daging babi dan beberapa bahan lainnya yang dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng. Kamu bisa menemukan jajanan ini di restoran Chinese yang ada di Amerika.

Popiah

Malaysia dan Singapura punya jenis lumpia yang sama, yaitu popiah. Isian dari popiah ini adalah sayuran, buncis, dan campuran dan daging cincang. Termasuk ke dalam menu streetfood di Malaysia dan juga Singapura. Mirip dengan lumpia Indonesia, ya? Rasanya kira-kira mirip juga enggak ya?

Turon

Berbeda dari yang lain, Lumpia khas Filipina ini bercita rasa manis. Lumpia ini biasa disebut turon atau lumpiang saging. Turon berisikan pisang kepok dan juga nangka yang dibungkus dengan kulit lumpia, lalu digoreng hingga kecokelatan. Dalam penyajiannya, biasa dituang dengan gula merah cair atau saus santan manis. Selain nangka, bahan lain yang biasa digunakan adalah ubi jalar, mangga, keju cheddar dan juga kelapa. Di Filipina, lumpia ini kerap dijadikan sebagai hidangan penutup.

Ternyata lumpia bisa dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga berbeda-beda di tiap negaranya ya? Kamu termasuk suka jajanan lumpia atau enggak, nih? Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


“Lampu Merah ” Penggemar Jerohan Sapi

“Lampu Merah ” Penggemar Jerohan Sapi

Jerohan memang lezat untuk disantap, tapi risiko kesehatan yang muncul akibat terlalu sering a...

Kelor, Manfaatnya Tak Selebar Daunnya

Kelor, Manfaatnya Tak Selebar Daunnya

Penggunaan kelor sebagai salah satu bahan makanan sudah dikenal sejak berabad-abad yan...

Oatmeal, Skincare untuk Kulit Kering dan Berjerawat

Oatmeal, Skincare untuk Kulit Kering dan Berjerawat

Oatmeal merupakan biji sereal utuh yang masih memiliki lapisan kulit ari serta bakal biji. Oat diper...

Rambut Bermasalah? Pakai Kulit Kentang !!

Rambut Bermasalah? Pakai Kulit Kentang !!

Selain bagian daging kentang yang dijadikan bahan pangan, kulit kentang juga menyimpan manfaat. Bany...

JELAJAH