Kembali ke Article

Yakin Makan Kemalaman Bikin Gemuk?

17 Sep 2020 Healthy Food Ragam
Yakin Makan Kemalaman Bikin Gemuk? Image Source: https://www.progressnotperfectioncompany.com/
17 Sep/2020

Masyarakat awam sepertinya sudah sangat familiar dengan pernyataan bahwa, makan malam atau makan setelah jam 8 malam akan membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Pernyataan ini muncul setelah banyaknya contoh kasus yang mengkonfirmasi bahwa berat badan orang-orang yang gemar makan malam akan naik drastis. Namun, Makanabis justru menemukan fakta yang sebaliknya.

 

 

Makan pada malam hari ternyata tidak ada kaitannya dengan kenaikan berat badan. Sehingga anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Berat badan sangat berkaitan dengan kalori yang tidak dapat diserap tubuh dengan baik sehingga menjadi lemak. Untuk itu, jumlah kalori dalam makanan lah yang harus menjadi perhatian. Jika jumlah kalori yang dikonsumsi lebih tinggi daripada kebutuhan tubuh, makan kenaikan berat badan bisa terjadi. 

 

 

Selain jumlah kalori, aktifitas setelah makan juga sangat berhubungan dengan kenaikan berat badan. Jika seseorang makan di atas jam 8 malam namun melakukan berbagai aktifitas setelahnya, maka kalori akan diserap sempurna oleh tubuh. Sebaliknya, seseorang yang langsung tidur setelah makan, sekalipun itu dilakukan di pagi hari, maka berat badan akan mengalami kenaikan karena kalori tidak terserap dengan baik di dalam tubuh.

 

 

Oleh sebab itu, Makanabis menganjurkan untuk melakukan aktifitas fisik setelah makan. Jika merasa lapar dan ingin makan di malam hari, pastikan untuk tidur di 3 sampai 5 jam setelahnya. Makanabis juga menganjurkan untuk menghindari karbohidrat di malam hari karena tubuh tidak beraktifitas berat di waktu itu sehingga karbohidrat dirasa tidak begitu dibutuhkan. IRL

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH