Kembali ke Article

4 Keburukan Akibat Makan Terlalu Kenyang

25 Nov 2019 Healthy Food
4 Keburukan Akibat Makan Terlalu Kenyang
25 Nov/2019

Ada anjuran untuk berhentilah makan sebelum kenyang. Maksudnya adalah makanlah secukupnya hingga kamu merasa rasa lapar sudah hilang, namun jangan terlalu kenyang. Sebagian orang mungkin akan menyeritkan dahi mendengar anjuran ini.

Kenapa kita harus berhenti menyantap makanan, padahal masih terasa ada ruang kosong yang masih muat untuk dimasuki makanan? Apalagi kalau makanannya lezat dan kesukaan kita. Ternyata makan terlalu kenyang itu gak baik, lho. Ini 4 alasan yang Makanabis rangkum!

Perut Nyeri dan Panas

Pernahkah kamu merasakan perut yang tiba-tiba nyeri atau panas, setelah mengonsumsi banyak sekali makanan? Hal ini disebabkan karena asam lambung yang bergerak menuju kerongkongan, yang akhirnya menyebakan rasa seperti terbakar. Apalagi jika yang kamu konsumsi adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Dampak dari perut nyeri dan panas ini adalah diare atau sering buang air besar. Tubuh akan mengalami overdrive jika kamu makan secara berlebihan.

Sudah terlanjur merasakan panas pada perut? Minumlah air putih yang cukup untuk membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Kamu juga bisa meminum air kelapa atau es degan, yang kerap dijadikan ‘obat’ untuk mengatasi kondisi ini.

Obesitas

Meski enggak selalu, namun makan terlalu banyak hingga kekenyangan mampu menyebabkan obesitas. Obesitas adalah kondisi dimana tubuh menyimpan banyak sekali kadar lemak, yang berdampak berbahaya bagi kesehatan. Secara sederhana, obesitas ini lebih parah dibandingkan kondisi gemuk.

Orang yang obsesitas seakan tidak memiliki ‘hormon kenyang’ dalam tubuhnya, sehingga akan terus mengonsumsi makanan secara berlebihan. Kadar kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh. Obesitas ini juga disertai dengan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Mengantuk

Ketika berkendara, kita disarankan untuk enggak makan terlalu berlebihan. Inilah salah satu sebabnya. Makan hingga kekenyangan, terkadang membuat kita mengantuk. Makanan yang kita konsumsi akan berada di lambung. Kemudian sistem pencernaan akan menyerap gizi serta membagikan kandungan gizi lainnya kepada bagian tubuh lainnya. Usus kecil akan mengirim sebuah pesan ke otak, bahwa tubuh kita perlu istirahat dan mencerna.

Ketika makan berlebihan pula,tingkat insulin akan meningkat dan membuat gula dalam aliran darah menurun. Tubuh yang kekurangan gula pada darah, akan membuatnya merasa lelah. Inilah yang pada akhirnya membuatmu merasa mengantuk, terutama ketika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan triptofan. 

Bersendawa 

Ketika kamu makan, kamu enggak hanya menelan makanan saja. Membuka mulut, berarti juga mempersilahkan udara ikut masuk juga. Logikanya, menelan banyak makanan maka menelan banyak udara pula. Gas yang terperangkap dalam tubuh akan membuatmu bersendawa. Bersendawa adalah salah satu cara membuang gas yang ada pada tubuh.

Semakin banyak kamu makan, maka semakin banyak gas yang terperangkap, sehingga kamu juga akan semakin sering bersendawa. Apalagi ditambah dengan kamu mengonsumsi makanan bergas atau minuman berkarbonasi seperti soda.

Apapun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk urusan makan. Makanlah secara cukup dan hentikan ketika kamu sudah mendapatkan ‘sinyal’ kenyang dari tubuhmu! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH