Kembali ke Article

Makanan Sehat Ibu Menyusui

14 Dec 2020 Khasiat
Makanan Sehat Ibu Menyusui foto : verywell family
14 Dec/2020

Ibu yang tengah menyusui memerlukan tambahan nutrisi ekstra. Tentu saja hal tersebut diperlukan  agar ASI yang di perlukan lancar dan berkualitas. Cara tepat untuk menjamin semua hal tersebut terpenuhi adalah menyediakan makanan yang baik dan bergizi bagi  ibu menyusui. Berikut ini makanabis akan membabar jenis bahan makanan yang cocok bagi ibu menyusui.

 

foto : food navigator
foto : food navigator

Daging Sapi  Tanpa Lemak  

Daging tanpa lemak adalah   makanan untuk meningkatkan energi.  Daging sapi tanpa lemak kaya zat besi. Kekurangan zat besi dapat menguras energi. Ketika menyusui, ibu   perlu makan protein tambahan dan vitamin B12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk kedua nutrisi tersebut.

foto : healtline
foto : healtline

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang ginjal, adalah makanan yang baik untuk ibu menyusui. Bukan saja makanan tersebut kaya akan zat besi, tetapi mereka juga merupakan sumber protein nabati yang berkualitas.

foto : scientific American
foto : scientific American

Sayuran Hijau


Sejak lama, sayuran hijau di rekomendasikan bagi ibu menyusui. Sayuran berdaun hijau kaya vitamin A, sehingga bayi juga perlu mendapatkannya dari ASI. Sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium,vitamin C, dan zat besi. Sayuran berdaun hijau juga mengandung antioksidan dan rendah kalori.

foto : indian express
foto : indian express

Beras Merah
Beras merah dalam diet saat menyusui sangat penting untuk menjaga tingkat energi. Beras merah juga menyediakan tubuh kalori yang memadai untuk memproduksi ASI dengan kualitas terbaik. Saat menyusui disarankan untuk tidak mengurangi konsumsi kanrbohidrat. Kurangnya asupan karbohidrat akan   menyebabkan ASI lebih sedikit dan membuat ibu merasa lemah dan lesu.

foto : harvard
foto : harvard

Susu Rendah Lemak


Susu adalah bagian penting dari bahan makanan bagi ibu menyusui. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika menyusui, susu yang sarat dengan kalsium dapat membantu perkembangan tulang bayi. Minimal 3 cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari diet.

foto : food storege moms
foto : food storege moms

Roti Gandum


Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi pada tahap awal kehamilan. Asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik bagi bayi. Roti gandum dan pasta yang diperkaya dengan folat sangat baik untuk ibu menyusui. Roti gandum juga memberikan dosis yang sehat dari serat dan zat besi.


Article Lainnya


Cara Alami Obati  Radang  Usus   Buntu

Cara Alami Obati Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yan...

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya, tubuh memperoleh bahan ...

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Cumi Goreng Tepung Mantul

Cumi Goreng Tepung Mantul

Asal tidak terlalu lama memasaknya, cumi adalah hidangan seafood yang sangat lezat. Dipadupadankan d...

JELAJAH