Kembali ke Article

Manisnya Manfaat Gula Aren (2)

19 Jun 2020 Khasiat
Manisnya Manfaat Gula Aren (2)
19 Jun/2020

 

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Masyarakat biasa menyebut gula aren gula nira. Sementara gula aren dalam bentuk bubuk sering pula disebut sebagai gula semut atau Gula Kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Artikel ini adalah sambungan dari manfaat gula aren yang telah makanabis.com tampilkan pada edisi sebelumnya.

 

 

Usir Demam dan Flu

 

Gula aren memiliki sifat antiperadangan sekaligus menghangatkannya. Hal ini menjadikan gula aren solusi yang bagus untuk demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat dengan gula aren mampu mencegah dan meredakan demam dan flu. Gula aren mampu mentralkan suhu tubuh yang dapat menurunkan demam.

 

Cegah Obesitas

 

Ini kelebihan gula aren ketimbang  gula putih, gula aren cenderung rendah kalori. Konsumsi gula aren dalam jumlah cukup mampu mengontrol berat badan dan mencegah timbulnya obesitas. Satu sendok teh hanya mengandung 15 kalori. Sementara gula putih, pada takaran yang sama mengandung 16,3 kalori.

 

Karena rendah kalori, gula aren sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif. Gula aren bisa menjadi alternatif pemanis untuk diet. Kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko diabetes dan komplikasinya. Tetap perhatikan porsi asupannya. 

 

 

Lancarkan Pencernaan

Gula aren membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan pada lambung. Karena gula aren kaya serat makanan yang berguna untuk kelancaran pencernaan. Inulin dalam gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

 

Cegah Penuaan Dini

 

Gula aren tinggi antioksidan dan vitamin B,  yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit. Tanda-tanda penuaan ini seperti kerutan, garis halus dan noda hitam, termasuk jerawat dan komedo. Gula aren dapat melembapkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

 

Kram Menstruasi

 

Kandungan kalium dan zat besi gula aren lebih banyak dibanding dengan gula putih. Nutrisi ini dapat membantu mengatasi kram saat menstruasi. Kandungan kalium dalam gula aren dapat meredakan nyeri dan melancarkan menstruasi. Gula aren juga membantu meningkatkan energi yang berguna untuk mengusir rasa lemas dan lemah saat menstruasi datang.

 

Aman Diabetes

 

 

Karena memiliki indeks glikemik rendah, gula aren relatif aman bagi penderita diabetes. Gula aren juga mengandung serat makanan yang disebut inulin, nutrisi ini dikenal mampu menstabilkan kadar gula darah. Gula aren juga rendah fruktosa. Fruktosa merupakan sejenis gula yang dengan cepat diubah tubuh menjadi trigliserida. Meski cenderung aman untuk penderita diabetes. Wsn (habis)

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

Tak Hanya Menyegarkan,  Ini  Manfaat Cincau Hijau

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau

Cincau hijau, ada dua jenis daun. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atauCyclea barb...

JELAJAH