Kembali ke Article

Manisnya Manfaat Kesehatan Gula Aren (1)

18 Jun 2020 Healthy Food
Manisnya Manfaat Kesehatan Gula Aren (1)
18 Jun/2020

Gula aren terbuat dari nira, cairan yang keluar dari batang tanaman pohon aren. Gula aren memiliki rasa khas karamel yang ringan dan  manis. Namun dibalik rasa manisnya, gula aren ternyata memiliki manfaat kesehatan.

 

Fakta yang berhasil makanabis.com himpun, gula aren bagus untuk kesehatan karena pemrosesan minimum dan tidak ada bahan kimia yang digunakan. Gula aren tersedia dalam bentuk blok, butiran dan cair, berikut manfaatnya:

 

 

Atasi Anemia

Kandung zat besi gula aren terbilang tinggi. Kecukupan zat besi dapat mencegah anemia. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup zat dalam sel darah merah yang memungkinkan mereka membawa oksigen (hemoglobin). Akibatnya tubuh akan terasa lelah dan pusing.

 

Kekebalan Tubuh

Tidak banyak orang tahu jika gula aren memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Peran antioksi ini mencegah terjadinya peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

 

Energi Instan

Gula aren juga mampu meningkatkan energi dengan cepat. Efek ini mampu mengatasi rasa lelah karena kekurangan energi. Jika Anda sering berkerja keras, dan merasa cepat lelah, ganti asupan gula putih menggunakan gula aren.

 

 

Antiseptik

Gula aren memiliki sifat anti peradangan dan anti mikroba. Keduanya mampu membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Saat terkena sariawan, gusi atau bibir berdarah, kunyah gula aren saja. Gula aren juga mampu melawan reaksi alergi seperti alergi kulit, pernapasan, hingga pencernaan.

 

Hangatkan tubuh

Ini yang sejak dulu sudha dilakukan masyarakat Nusantara. Mencampurkan gula aren dalam minuman dan aneka olahan kuliner tradisional. Gula aren memiliki sifat menghangatkan tubuh. Mencampurkan gula aren ke dalam minuman, dan makanan ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. wsn/(bersambung)

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

Tak Hanya Menyegarkan,  Ini  Manfaat Cincau Hijau

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau

Cincau hijau, ada dua jenis daun. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atauCyclea barb...

JELAJAH