Kembali ke Article

Matangkan Alpukat dengan Kantong Kertas

07 Sep 2020 Headline Tips n Trick
Matangkan  Alpukat dengan Kantong Kertas
07 Sep/2020

Makanabis sering mendapat usulan untuk mengulas bagaimana cara mematangkan alpukat agar dapat dikonsumsi dalam kondisi terbaik. Hal ini karena sering kali kita membeli alpukat masih dalam keadaan mengkal. Parahnya lagi, saat mengkal, alpukat memiliki tampilan sempurna hingga membuat harga tinggi. Yang terjadi, justru alpukat sering kali busuk karena kita lupa kapan alpukat itu matang dan siap disantap. Berikut ini makanabis akan berbagi triks  cara mudah untuk mematangkan alpukat.

 

 

Jika dulu nenek mengajarkan  untuk menyimpan alpukat mengkal di tempat beras, maka makanabis akan menggunakan cara lain yang juga tidak kalah mudahnya. Masukkan alpukat mentah utuh yang belum dipotong ke dalam kantong kertas cokelat. Kantong ini akan digunakan untuk memerangkap gas etilen yang dihasilkan buah yang akan mematangkan alpukat. Pastikan kantong kertas tidak berlubang! Jika kantong kertas tidak tersedia, Anda juga dapat menggunakan plastikrap. 

Tambahkan pisang, apel, atau tomat ke dalam kantong kertas. Pisang paling baik untuk digunakan. Jika tidak ada satu pun dari buah-buahan ini yang tersedia, tempatkan semua alpukat bersama-sama dalam kantong. Dan semakin banyak gas etilen yang hasilkan, semakin cepat semuanya akan matang.

 

 

 

Simpan kantong tertutup, pada suhu kamar. Jauhkan dari sinar matahari. 18º-24º C adalah suhu penyimpanan yang paling ideal. Jika tidak menempatkan buah lain dalam kantong, maka alpukat akan memakan waktu 2-5 hari untuk matang.

 

 

Periksa secara berkala. Buah lain yang ditambahkan akan mempercepat proses pematangan alpukat secara signifikan, dan seharusnya alpukat akan matang dalam waktu 1-3 hari. Alpukat Anda telah matang dan siap dikonsumsi bila mudah dikupas, coba rasakan teksturnya dengan tangan Anda apakah sudah lunak karena terkadang sulit menentukan kematangan alpukat berdasarkan warna kulitnya.

 

 

Alpukat mentah akan terlihat hijau dan bagus. Saat mulai matang, akan ada bercak keunguan atau kehitaman pada kulitnya. Ketika sudah benar-benar siap makan, warna kulit alpukat akan menjadi hijau sangat gelap/cokelat. Setelah matang, alpukat bisa tetap bertahan jika disimpan dalam lemari es selama beberapa hari, tetapi akan kehilangan aroma dan rasanya seiring berjalannya waktu. bbs

 

 

Article Lainnya


7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Ikan salmon berasal dari ikan jenis marga Salmo dan Oncorhynchus. Kemudian serap...

Buat  yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Buat yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Domba dan kambing, dua hewan yang berbeda, tentu saja karakter dagingnya pun ber...

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Cupcakedanmuffin memang sangat mirip. Keduanya adalah kue yang ditem...

JELAJAH