Kembali ke Article

Matoa, Buah Mahal Super Lezat dari Papua

03 Aug 2020 Headline Ragam
Matoa, Buah Mahal Super Lezat dari Papua
03 Aug/2020

 

Buah matoa adalah buah khas Nusantara. Pohon buah matoa terutama tumbuh di Indonesia bagian timur, khususnya adalah Papua. Pohon buah matoa mampu menjulang tinggi hingga 18 meter. Banyak sebutan, sesuai dengan daerahnya. Di Sumatera utara, buah ini dinamai Pakam, sedangkan di Jawa barat dinamakan Leungsir.

 

 

Dalam pengamatan makanabis, bentuknya bulatan kecil berwarna kehijauan. Cara membukanya dengan mengupas kulitnya. Uniknya, matoa memiliki aroma yang mirip seperti aroma durian. Ketika dicicipi, rasanya manis seperti rasa durian. Dalam bahasa latin, pohon matoa ini disebut  Pometia pinnata.

 

 

Pohon ini cukup kebal terhadap berbagai jenis serangga. Pohon matoa ini biasanya berbunga setahun sekali pada bulan Juli hingga Oktober. Buah matoa akan matang setelah  kira-kira empat bulan lamanya. Pohon  ini butuh tanah kering, dan lapisan tanahnya tebal. Sedangkan untuk iklimnya,  membutuhkan yang curah hujannya tinggi.

 

Dua Jenis

Matoa ada dua jenis, matoa kelapa dan buah matoa papeda.  Perbedaannya terlihat dari warnanya. Warna buah matoa papeda  lebih gelap dibandingkan buah matoa kelapa. Dominasi warna matoa papeda adalah hijau tua hingga kemerahan.

 

 

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari tekstur buahnya.  Tekstur matoa kelapa   kenyal, seperti buah rambutan. Tekstur buah matoa papeda lebih lembek dan juga lengket.

 

Khasiatnya

Buah matoa ini punya manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan. Buah matoa mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin E nya mampu meningkatkan kesuburan dan meminimalisasi risiko penyakit jantung.  

 

 

 

Buah matoa ternyata juga ampuh untuk mencegah munculnya jerawat. Jika dikonsumsi secara rutin, jerawat di wajah hilang dan berangsur-angsur mulus! Akan tetapi,sebaiknya kamu enggak mengonsumsi buah matoa ini secara berlebihan. Pasalnya buah matoa memilik kandungan glukosa yang cukup tinggi. Jika kebanyakan, efek sampingnya menimbulkan rasa pusing dan mabuk.   

 

Karena memiliki rasa yang istimewa, harga matoa terbilang lumayan tinggi. Beberapa online shop mematok harga hingga ratusan ribu rupiah untuk sekilo matoa. Meski begitu, banyak orang yangmenganggap lumrah hal ini, lantaran rasanya yang manis dan legit.  Gimana? penasaran ingin mencobanya?

 

 

Article Lainnya


5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH