Kembali ke Article

Mau Aman dari Covid 19? Minum Kopi Hitam

27 Mar 2020 Coffee N Tea
Mau Aman dari Covid 19? Minum Kopi Hitam
27 Mar/2020

 

Laman Copeman Health Care menyebutkan, minum kopi bisa meningkatkan imun dan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan dalam kopi juga dapat membantu memerangi inflamasi.  Kandungan antioksidan dalam kopi bukan hanya tingkatkan imun, tapi juga bsia bantu cegah berbagai penyakit loh. Dari riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics kopi dapat membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, masalah kesehatan jantung, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurologis.

 

 

Dalam catatan Makanabis, riset tersebut juga mengungkapkan, kafein dalam kopi dapat menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang memiliki manfaat antibodi sehingga berefek positif pada pasien dengan penyakit radang kronis seperti radang sendi atau psoriasis.

Saat pandemi covid 19 tengah menyerang dunia, kopi adalah minuman sederhana yang banyak disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kopi menjadi sangat diandalkan karena pembuatannya yang sangat mudah serta dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Namun yang perlu dipahami adalah hanya kopi hitam atau black coffee yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

 

Kafein  mampu menjadi dalam kopi berfungsi sebagai imunomodulator. Imunomodulator adalah agen yang mampu meningkatkan dan melipatgandakan jumlah sel-sel pertahanan tubuh. Dengan konsumsi secara rutin dan proporsional kandungan kafein dalam tubuh akan mengakumulasi pertahanan yang sempurna bagi tubuh.

 

Selain kafein, dalam kopi juga mengandung flavonoids. Kandungan flavonoid membantu menangkal radikal bebas. Meningkatkan konsentrasi antioksidan, anti virus, anti alergi, anti bakteri, anti jamur dan anti trombotik. Konsentrasi antioksidan ini sangat penting disaat sebaran virus mulai ada dimana-mana. Dengan terbentukanya perlindungan flavonoid, tubuh akan lebih kuat atau imun dengan varian virus dan bakteri sehingga mereka tidak dapat menjadikan tubuh manusia sebagai inang perkembang biakan.

Dalam kopi juga mengandung phenolic acid atau asam fenolik. Zat ini bertugas meningkatkan aktivitas enzim antioksidan serta memiliki efek anti virus. Selain itu, kopi juga mengandung chlorogenic acid atau asam klorogenik. Zat ini berfungsi untuk menghambat dan mengurangi kerusakan DNA akibat serangan dari penyakit, virus dan bakteri. Dengan cepatnya regenarsi DNA dalam tubuh, maka tubuh mampu mengobati kerusakan yang diakibatkan oleh virus dan lain sebagainya. Paskalis Andrew.

 

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH