Kembali ke Article

Mau Imun?? Minum Jamu

09 Apr 2020 Khasiat Minuman Resep
Mau Imun??  Minum Jamu  foto: Indonesian Natural Herb
09 Apr/2020

 

 

Jamu merupakan obat tradisional berupa ramuan yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang dan buah. Ramuan jamu dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Ramuan ini rasanya pahit sehingga pada saat disajikan disertai dengan madu sebagai pemanis.

 

Dengan adanya pandemi covid-19 saat ini, jamu mulai dilirik bahkan mulai dicari oleh masyarakat karena dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak terpapar virus tersebut. Jamu dibuat menggunakan herbal atau tanaman rimpang seperti kunyit, kencur, jahe, temulawak. Kunyit dan jahe sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jamu juga berguna untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Ada beberapa jamu yang dapat kita coba. Penasaran kan? Yuk, simak ulasan Makanabis tentang jamu dan manfaatnya yang dirangkum dari bebagai sumber berikut ini.

foto: Indonesia tourism
foto: Indonesia tourism

 

Jamu Beras Kencur

 

Minuman penyegar khas Jawa dengan aroma yang khas. Jamu ini terbuat dari beras dan kencur. Dengan rasanya yang agak sedikit pedas, manis dan segar dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung dan mual serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat meredakan batuk dan masuk angin.

 

Cara Pembuatan :

 

Cuci beras hingga bersih lalu rendam selama 1 jam. Kemudian rebus asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe sampai mendidih. Tunggu agak dingin untuk menyaring airnya. Cuci bersih kencur segar, kupas kulitnya dan potong tipis-tipis. Tiriskan air rendaman beras kemudian blender bersama dengan kencur dan air rebusan gula hingga benar-benar halus. Saring jamu beras kencur tersebut.

 

Jamu Cabe Puyang

 

Jamu cabe puyang biasa disebut juga jamu pegal linu. Sangat berkhasiat untuk menghilangkan rasa pegal karena kecapekan, meredakan sakit pinggang dan menghilangkan kesemutan, mencegah anemia, dan mengobati demam. Terbuat dari cabe jamu dan puyang ditambah rempah dan bahan lainnya.

 

Cara Pembuatan :

 

Cuci cabe puyang, temulawak, temu ireng, jahe dan kunyit sampai bersih. Lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan gula dan garam. Beri sedikit air hangat pada jamu yang sudah ditumbuk kemudian peras dan ambil sarinya.

foto; Indonesia tourism
foto; Indonesia tourism

 

Jamu Kunyit Asam

 

Dikenal sebagai minuman kesehatan bagi wanita. Ramuan ini dapat menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh sekaligus sebagai penawar racun karena kandungan kunyit yang dicampur dengan asam. Bermanfaat membantu mengatasi masalah menstruasi, melangsingkan tubuh, mengobati luka lambung, mengobati sariawan dan memberi efek dingin pada perut. Juga membantu menghilangkan bau badan dan menghaluskan kulit.

Cara Pembuatan :

 

Cuci bersih kunyit segar dan kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, lalu peras airnya. Didihkan air dan rebus air perasan kunyit, gula dan asam jawa. Setelah mendidih, angkat dan tunggu sampai dingin. Saring dan sajikan.

Itulah beberapa manfaat jamu yang sangat luar biasa. Terbuat dari bahan alami yang mudah didapat karena Indonesia kaya akan rempah-rempahnya. Oleh karena itu gunakan kekayaan tersebut sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat. Paskalis Andrew.

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH