Kembali ke Article

Mau jadi Food Vlogger Profesional? Begini Caranya

09 Dec 2019 Inspirasi
Mau jadi Food Vlogger Profesional? Begini Caranya
09 Dec/2019

Platform Youtube saat ini sudah menjadi kiblat bagi pecinta video. Kamu pasti sudah sangat tidak asing dengan namanya. Youtube menyajikan tontonan yang sangat beragam, dari olahraga, musik, kecantikan, hingga makanan. Kamu pun pasti telah menjadi subscriber atau penonton setia salah satu channel Youtube favoritmu. Untuk video kuliner, kamu pasti sudah taka sing dengan beberapa food vlogger yang sedang popular di Indonesia maupun luar negeri, seperti Tanboy Kun, Kent & Grat, hingga Mark Wiens.

Dengan perkembangan zaman saat ini, profesi sebagai youtuber memang sangat menjanjikan popularitas dan kemapanan. Bukan menjadi rahasia lagi, penghasilan Youtuber memang sangat fantastis. Sehingga kamu pun tergiur untuk menjajal peruntungan di dunia ini. Namun tentunya sebagai pemula, itu semua masih belum kamu realisasikan karena kamu masih belum mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang food vlogger yang handal. Oleh sebab itu, Makanabis akan memberikan tips menjadi food vlogger professional untuk kamu.

Buat Channelmu Berbeda

Disini, kreatifitasmu harus benar-benar bekerja. Banyaknya channel Youtube yang bertemakan kuliner membuat kamu harus menemukan ciri khas yang membedakan channelmu dengan yang lain sehingga orang akan benar-benar mengingatmu. Hal pertama yang harus dilakukan agar channelmu berbeda adalah kamu harus mengenali dirimu sendiri, termasuk apa yang menjadi kelebihan dan ciri khasmu. Setelah itu, terapkan pada setiap videomu. Pastikan juga kamu membuat videomu sangat menarik terutama di 15 detik pertama karena hal itu akan menentukan keberhasilan videomu dimana penonton akan melanjutkan menonton atau justru beralih ke video lain. Selain ciri khas, kamu juga harus memperhatikan orisinalitas. Subscribers atau  viewersmu akan langsung menghilang jika kamu kedapatan melakukan plagiasi karya orang lain. 

 

Mengikuti Tren 

Sebelum membuat video, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini sangat dianjurkan agar peluang videomu ditonton orang jauh lebih besar karena orang-orang pasti sedang mencari hal-hal yang berhubungan dengan topic yang sedang tren saat itu. Riset yang kamu lakukan akan mengarahkan kamu soal makanan atau tempat makan yang sedang popular. Jika videomu sudah ditonton dan di-subscribe banyak orang, kamu akan lebih mudah melakukan riset, yakni hanya dengan melihat comment session tentang tema video yang paling banyak diinginkan penggemarmu.

Review Secara Jujur

Bagi sebagian orang, mengulas makanan secara jujur memang  butuh sebuah keberanian, apalagi ulasan tersebut ditonton banyak orang. Namun bagi kamu yang ingin menjadi food vlogger handal, kamu tak perlu ragu melakukannya. Justru hal tersebut akan mengundang ketertarikan orang lain untuk setia mengikuti video-videomu. Ulasan yang jujur juga akan membuat kredibilitas channelmu naik di mata para pecinta kuliner. Tetapi jangan pernah melupakan etika dalam berkomentar dimana kamu harus tetap menyampaikan reviewmu dengan bahasa yang baik agar tidak menyinggung pihak tertentu. Perihal kejujuran, buatlah gayamu sangat ekspresif saat menikmati makanan karena penonton biasanya sangat menyukai food vlogger yang jujur dalam menunjukkan ekspresinya saat menyantap makananan. Sehingga penonton bisa membayangkan dengan mudah tentang rasa makanan yang sedang ia tonton di videomu.

Konsistensi

Konsistensi adalah sebuah hal klise namun sangat bekerja. Selain kreatifitas, konsistensi sangat dibutuhkan dalam pembuatan video di channel youtube. Kamu harus sering mengunggah video dalam jangku waktu harian atau mingguan untuk memaksimalkan SEO di Youtube. Selain frekuensi, kamu juga harus memperhatikan konsistensi pengunggahan video dalam hal jam tayang. Jam tayang yang sudah terjadwalkan harus kamu patuhi untuk terus dijalankan agar para subscriber mudah mengingat waktu video yang kamu unggah di channel Youtubemu.

Berani Memulai

Jika sudah mendapatkan inspirasi dari segala tips diatas, hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pemula adalah keberanian atau kepercayaan diri dalam memulai dan membuat video. Jika kamu masih berpikir bahwa peralatan atau kemampuan video editingmu masih jelek, hilangkan pikiran negative tersebut dan cobalah untuk memulai terlebih dahulu karena kamu akan belajar seiring dengan brjalannya waktu. Bahkan Youtuber handal saja memulai channelnya dari video yang amatir. Selanjutnya kamu akan bisa menggunakan peralatan yang lebih bagus dan membentuk tim yang hebat jika semuanya sudah berjalan dengan lancar.

 

Semua tips sudah Makanabis beberkan untuk kamu. Intinya, jika kamu ingin bekerja di industri kreatif ini, kreatifitas dan kesungguhan adalah modal utama. Jika channelmu telah memiliki subscribers dan viewers yang terbilang sangat banyak serta kamu menjadi sangat rutin dalam mengunggah video, kamu tidak boleh melupakan kesehatanmu dan mulai berolahraga secara teratur untuk mengimbangi banyaknya makanan yang kamu konsumsi dalam videomu. Jadi, jangan sampai melupakan kesehatan hanya demi konten, ya! Jika kamu punya keinginan untuk jadi food vlogger, bisa dimulai dengan mengikuti kompetisi vlog kuliner yang diadakan meeberian. Cek aja mekanismenya disini.

Inas Rifqia

Article Lainnya


Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

Resep Macaroni Schotel

Resep Macaroni Schotel

Makaroni schotel yang dikenal di Indonesia berasal dari Belanda, sulit untuk dibantahkan. Schotel ar...

JELAJAH