Kembali ke Article
Begini Cara Menyajikan Hidangan Seafood
07 Nov/2019

Begini Cara Menyajikan Hidangan Seafood

07 Nov 2019 Tips n Trick

Seafood adalah hidangan yang paling banyak diminati. Selain kandungannya baik bagi tubuh, rasanya juga gurih dan segar. Apalagi kalau barusan nangkep ikan atau udang di laut, terus langsung dimasak. Sayangnya, seringkali sajian seafood terasa amis. Salah satu faktornya adalah pembersihan yang kurang tepat. Tiap hasil laut, cara membersihkannya berbeda lho!

ikan

Ikan adalah hasil laut yang paling sering disantap. Prinsip utama ketika membersihkan ikan adalah kamu harus membersihkan sisik, sirip, ekor, insang, dan juga isi perutnya. Cara membersihkan tiap bagian ini berbeda. Bagian sisik dibersihkan dengan menggunakan pisau ke arah ekor dan didorong perlahan.

Isi perut ikan juga perlu dikeluarkan dengan cara membuat sayatan dari bagian bawah kepala ikan hingga ke bagian perut. Hal penting lainnya adalah jangan sampai bagian empedu ikan terpecah. Jika pecah, akan menyebabkan daging ikan menjadi pahit.

Cumi-cumi

Kerap dijadikan sebagai camilan seperti cumi goreng tepung, atau teman makan seperti tumis cumi. Gimana cara membersihkannya? Cumi memiliki ‘tulang’ di bagian dalam badannya, namun tulangnya terlihat seperti plastik bening yang kaku. Cuci cumi, kemudian tarik tulang tersebut secara perlahan. Cumi memiliki pertahanan berupa tinta.

Nah ini juga perlu dibersihkan. Tarik kepala cumi, kemudian buang tintanya. Jangan lupa untuk membuang mata cumi dan bagian tengah dari tentakelnya. Lalu cuci kembali di bawah air mengalir, ya.

Kerang

Pastikan kerang yang kamu pilih adalah kerang yang segar dan masih hidup, ya. Pertama bersihkan baian cangkang kerang dengan menggunakan spons di bawah air mengalir. Masukkan kerang ke dalam wadah berisi air dingin, lalu tuangkan merica hitam atau tepung maizena.

Tujuannya supaya kerang bisa memuntahkan sendiri pasir-pasir yang ada di dalamnya. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan, kemudian cuci kerang satu persatu hingga bersih dari pasir.

Udang

Cara membersihkan udang tergantung kepada sajian seperti apa yang kamu inginkan. Kalau ingin udangnya utuh, kamu hanya perlu memotong kumisnya saja, kemudian lumuri udang dengan garam dan jeruk nipis. Namun jika kamu ingin mengonsumsi dagingnya saja, kamu perlu mengupas kulit udangnya, dan membersihkan kotoran udang. Kotoran udang ada pada punggungnya. Kerat sedikit punggung udang, lalu tarik. Bentuknya terlihat seperti benang berwarna hijau kehitaman. Kepala udang jangan langsung dibuang. Bisa dijadikan kaldu, lho.

Kepiting

Membersihkan kepiting bisa dibilang susah-susah gampang. Effortnya luar biasa, karena kalau tidak bersih bisa bikin kamu keracunan! Pertama, kamu harus membuang kantong kencing kepiting alias lambungnya. Letaknya ada di sisi tepi bagian tengah cangkang punggung. Bentuknya segitiga berupa kantong kecil berbahan tulang. Kemudian buang juga usus kepiting.

Bentuknya seperti kotoran udang, yaitu seperti benang berwarna hitam yang menghubungkan lambung kepiting dengan pusar. Buang juga hati kepiting dan insang kepiting. Insangnya berada di bagian lambung, yang bentuknya seperti alis dan teksturnya lunak.

Cara membersihkannya lumayan ribet, ya? Gak heran kalau harga seafood cukup mahal jika di restoran. Demi masakan enak, effort membersihkan bahan utamanya juga luar biasa! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH