Kembali ke Article

Meeber Bantu Omzet Lumbung Pangan Jatim Tembus Lebih Rp 1 Miliar

28 Apr 2020 Ragam
Meeber Bantu Omzet Lumbung Pangan Jatim Tembus Lebih  Rp 1 Miliar Suasana pembelian di Lumbung Pangan Jatim, Foto : Hasan Sentot (Hansen) Humas Jatim Expo (JX) Internasionalfoto:
28 Apr/2020

 

Sejak dibuka 21 April lalu sampai Minggu (26/4), total sudah terjadi 8.052 transaksi di Lumbung Pangan Jatim, di gedung JX Internasional Surabaya, Omzetnya sudah tembus lebih dari Rp1 miliar.

 

8.052 transaksi yang terjadi selama 6 hari di Lumbung Pangan Jatim,  saat ini jumlah tertinggi masih dipegang oleh transaksi konvensional yang dilakukan di Outlet JX Internasional, sebanyak 5.439 transaksi. Sedangkan transaksi secara online tercatat mencapai  2.613 transaksi.

 

Ini artinya, walau sedikit tertinggal dari transaksi konvensional, kesadaran masyarakat Jatim terhadap penggunaan online untuk keperluan bertransaksi  sudah sangat bagus. Beberapa kalangan masyarakat mulai melihat banyak keuntungan saat bertransaksi menggunakan aplikasi meeberian maupun online.

 

Erlangga Satriagung Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim mengatakan, animo masyarakat terhadap Lumbung Pangan Jatim cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan  kunjungan harian yang mencapai 900-1.000 orang per hari baik secara langsung di outlet Jatim Expo, pre-order secara drive thru dengan aplikasi meeberian, maupun lewat laman lumbung pangan.

 

“Lumbung pangan ini ada karena kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri di tengah pandemi covid-19 tetap tinggi. Lumbung Pangan Jatim ini untuk memberi kepastian ketersediaan bahan pokok yang aman dan mudah diakses masyarakat serta untuk memastikan stabilitas harganya,”jelasnya

Tinggal Ambil. Seorang pembeli yang telah pre order dan mengambil belanjaan, foto: daniel
Tinggal Ambil. Seorang pembeli yang telah pre order dan mengambil belanjaan, foto: daniel

 

Gula menjadi salah satu komoditas primadona yang paling laku  di Lumbung Pangan Jatim. Enam hari beroperasi, 2,3 ton gula pasir telah habis terjual. Di Lumbung Pangan Jatim, harga gula Rp12.500 per kilogram, padahal jika di pasaran gula pasir masih sekitar Rp.18.000 per kilogram.

 

“Data transaksi Lumbung Pangan Jatim menunjukkan beras sebagai komoditas paling banyak dibeli masyarakat. Beras premium terjual 4,5 ton, beras medium terjual 3,2 ton. Dua komoditi lain termasuk paling diminati di Lumbung Pangan Jatim adalah gula dan telur. Permintaan gula sudah 2,3 ton dan telur sebanyak 1,2 ton,” ungkap Erlangga.

 

Sementara itu, Mirza Muttaqin Dirut PT Jatim Graha Utama (JGU) mengatakan, operasional Lumbung Pangan Jatim ini juga membantu Gabungan Kelompok Petani dan nelayan di Jawa Timur karena produk mereka terserap.

 

“Ini adalah wujud kehadiran pemerintah di tengah pandemi, Bu gubernur mengkongkretkan idenya dalam bentuk lumbung pangan. Hasil produksi petani, peternak dan nelayan tersalurkan dengan harga yang masuk akal,” ujarnya.

 

Yang menjadikan pengalaman berbeda di Lumbung Pangan Jatim adalah dilibatkanya aplikasi meeberian ini telah mengedukasi masyarakat untuk sadar jaga jarak sosial dan fisikal selama masa pandemi. Dengan cara pemesanan lebih awal atau pre order saat masih di rumah. Pembayaran juga menggunakan non tunai atau cashless  dengan DANA, GoPay atau LinkAja. 3 jam setelah pemesanan, barang dapat diambil dengan drive through. (SDM)

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Beda Mayonais dan Mustard, Sudah Tahu?

Beda Mayonais dan Mustard, Sudah Tahu?

Saat menyantap burger, hotdog, sandwich, dan salad, mayonais maupun mustard biasanya akan disajikan ...

Meeber Jadikan Pasar BenPas, Pasar Rakyat Digital Pertama Di Indonesia

Meeber Jadikan Pasar BenPas, Pasar Rakyat Digital Pertama Di Indonesia

Setelah terbakar tiga tahun lalu, pada 22 Oktober 2020, secara resmi Pasar Banteng Pancasila kembali...

JELAJAH