Kembali ke Article
Memanggang Ikan Tanpa Gosong
25 Nov/2019

Memanggang Ikan Tanpa Gosong

25 Nov 2019 Headline Tips n Trick

Setelah memanggang seafood, memanggang ayam dan memanggang daging, kali ini makanabis mengulas tentang memanggang ikan. Banyak sekali bahan-bahan makanan yang dapat dinikmati dengan cara dipanggang, salah satunya adalah ikan. Ikan sangat mudah sekali matang. Meskipun dibakar di atas bara, tidak perlu khawatir jika ikan tidak matang.

Sebenarnya semua jenis ikan sangatlah cocok untuk dibakar tetapi alangkah lebih enaknya kalau memilih ikan yang lembut, tidak banyak mengandung air dan tebal dagingnya. Untuk ikan yang memiliki tekstur agak kasar seperti tongkol boleh saja jika hendak dibakar asalkan sebelum dibakar, ikan diungkep dahulu agar bumbunya meresap.

Agar ikan tidak mudah putus dan memudahkan meresapnya bumbu serta ikan mudah matang, sebaiknya belah ikan melebar kemudian tekan-tekan sedikit agar ikan benar-benar melebar.

Untuk ikan yang memiliki daging tebal seperti ikan kakap juga enak jika dibakar tetapi sebaiknya dagingnya difillet terlebih dahulu. Rendam ikan di dalam bumbu kemudian baru siap dibakar dengan cara dibolak-balik. Selain ikan kakap, ikan salmon yang difillet juga sangat enak dibakar.

Memanggang ikan sebenarnya tidak memerlukan banyak bumbu untuk bahan rendaman. Cukup diberi perasan air jeruk nipis dan sedikit garam sudah cukup. Tetapi terkadang kita ingin ikan yang berbumbu banyak sehingga menambahkan banyak bawang, cabai merah, kunyit dan jahe. Kecap manis, kecap ikan, saus tiram, atau jenis saus dan kecap lainnya sangat cocok untuk menjadi bumbu perendam ikan panggang.

Cara memanggang ikan cukup dengan menjepit ikan menggunakan alat penjepit ikan yang dilapisi daun pisang agar tidak lengket kemudian bakar ikan dengan cara dibolak-balik. Dengan cara ini dapat menghindarkan terlepasnya atau lengketnya kulit ikan akibat dibolak-balik. Ikan juga bisa dibakar dengan cara dibungkus dengan daun pisang untuk menghindari ikan hancur saat dipanggang. Memanggang ikan jangan terlalu lama agar tekstur daging ikannya tetap lembut dan tidak kering.

Sebelum ikan dipanggang, kerat-kerat dahulu ikan tetapi jangan terlalu dalam agar ikan tidak hancur saat dipanggang. Setelah ikan yang dipanggang matang sempurna, sajikan bersama nasi hangat, kentang goreng atau lalapan. Tak lupa dengan sambalnya, bisa sambal bajak atau sambal kecap atau jenis sambal yang lain.

Sekarang sudah tahu kan cara memanggang ikan agar matang sempurna. Cukup mudah bukan tipsnya untuk diikuti? Semoga Anda suka dengan tips-tips dan cara-cara yang makanabis bagikan kali ini danmeeberian. Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Brownies, Maniskan Segala Suasana

Brownies, Maniskan Segala Suasana

Siapa yang tidak pernah mencoba kelezatan dan kenikmatan brownies? Brownies merupakan camilan yang s...

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Cara Tepat Mematangkan Alpukat

Berbicara soal buah alpukat, buah yang satu ini termasuk buah yang sangat digemari karena rasanya ya...

Perjalanan Panjang Bakso

Perjalanan Panjang Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Bakso adalah bola-bola daging yang terdiri dari campuran daging gi...

JELAJAH