Kembali ke Article

Memasak dengan Panci Presto, Lebih Sehatkah?

11 Nov 2020 Ragam
Memasak dengan Panci Presto, Lebih Sehatkah? Foto: https://www.nytimes.com/
11 Nov/2020

Evolusi alat masak dari tahun ke tahun selalu berkembang. Banyak sekali kemudahan yang diberikan untuk menunjang kinerja selama beraktifitas di dapur. Salah satu alat masak yang tengah digandrungi saat ini adalah press cooker atau juga biasa disebut panci presto. Panci presto dikenal sebagai alat untuk memasak makanan menjadi lebih lunak dan juicy hanya dalam waktu singkat.

 

Durasi memasak yang singkat saat menggunakan panci presto diakibatkan karena tekanan yang tinggi selama proses mampu menaikkan temperatur di dalamnya, sehingga makanan akan cepat matang. Fakta tersebut yang membuat banyak orang masih mmepertanyakan apakah panci presto mampu menjaga gizi makanan atau justru dapat membuatnya terbuang percuma. Oleh sebab itu, Makanabis akan mengulas faktanya berikut ini.

 

 

Memasak menggunakan panci presto rupanya menawarkan berbagai kelebihan. Selain menghemat waktu dan tenaga karena prosesnya yang singkat, memasak menggunakan panci ini mampu menghemat gas LPG. Tak hanya itu saja, panci presto diketahui mampu membunuh kuman dan bakteri, namun menjaga kandungan gizi pada makanan. Hal ini dikarenakan adanya adanya sistem seal karet yang tertutup sangat rapat di antara panci dan tutupnya yang membuat uap hasil pemanasan makanan tidak bisa keluar. 

 

Uap air yang juga membawa kandungan gizi makanan tidak akan dapat terlepas keluar karena sangat rapatnya tutup seal karet panci presto. Sehingga, uap tersebut akan ‘terpaksa’ masuk ke dalam pori-pori makanan. Dengan kata lain, panci presto mampu menjaga gizi makanan agar tidak hilang saat proses pengolahan.

 

Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH