Kembali ke Article

Mencontoh Rasulullah SAW, Buat Air Nabeezmu Sendiri

04 Sep 2020 Food Story Khasiat
Mencontoh  Rasulullah SAW, Buat Air Nabeezmu Sendiri
04 Sep/2020

Nabi Muhammad SAW punya kegemaran menikmati kurma. Tak hanya disantap, kadang juga dibuat menjadi aneka olahan yang menyehatkan lainnya. Orang menyebutnya sebagai air Nabeez atau Infused water kurma.

 

 

Dari banyak riwayat yang Makanabis dapat,  asal-usul air nabeez dari kebiasaan Rasulullah yang merendam kurma atau kismis, setelah salat Isya dan kemudian meminumnya di pagi hari.

 

 

Manfaat

 

Air nabeez kurma ini memiliki khasiat bagi kesehatan, terutama diminum setelah berpuasa. Air nabeez ini dapat menjadi  detoks bagi racun dan antioksidan yang ada di dalam tubuh.

 

Air nabeez kurma memiliki manfaat untuk mengurangi kadar asam lambung di perut dan menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalam kurma pun dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

 

 

Sementara bagi penderita diabetes tidak perlu takut untuk meminum infused water kurma ini, sebab rasa manis yang terdapat di dalam kurma merupakan gula alami buah-buahan. Para ahli juga mengatakan bahwa manfaat air nabeez saat puasa juga berpotensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena indeks glikemik kurma yang rendah. 

 

 

Kandungan antioksidan flavonoid di dalam kurma berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang mengarah pada risiko kanker. Bahkan sebuah penelitian lain menyebutkan  air nabeez ini memiliki potensi untuk mengurangi serangan alzeimer pada para lansia.

Cara Membuat

Kurma atau kismis, disunnahkan dalam jumlah ganjil.

Wadah atau gelas tertutup.

Air matang.

 

 

Kupas dan buang biji kurma, lalu iris kecil-kecil. Tuangkan air matang ke dalam wadah atau gelas tertutup. Masukkan kurma yang sudah diiris ke dalam wadah berisi air tadi. Tutup rapat dan diamkan selama 8-12 jam di dalam lemari es.

 

Saran :

 

Sebelum diminum, aduk terlebih dahulu agar kurma yang sudah lunak dapat tercampur dengan air.  Sebaiknya tidak mencampurkan buah lain. Air nabeez kurma hanya dapat bertahan selama 1-2 hari saja, karena setelah hari ke-3, air rendaman kurma akan terfermentasi dan menjadi arak   haram untuk dikonsumsi.

Article Lainnya


Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

Kreasi Sarapan Cepat Ala Sandwich Tuna

Kreasi Sarapan Cepat Ala Sandwich Tuna

Roti lapis tuna atau tuna sandwich kadang juga disebut roti lapis salad tuna adalah roti...

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

JELAJAH