Kembali ke Article

Mengapa Daun Pisang Populer sebagai Bungkus Makanan?

10 Feb 2020 Ragam
Mengapa Daun Pisang Populer sebagai Bungkus Makanan?
10 Feb/2020

Siapa yang tak kenal dengan daun pisang? Ya, kita  semua pasti tahu buah pisang dan daunnya. Hal ini dikarenakan pisang  banyak sekali tumbuh di daerah  tropis seperti di Indonesia. Daun pisang adalah salah satu daun yang memiliki banyak fungsi. Dalam kuliner nusantara banyak memiliki peran utama  sebagai pelengkap, pendukung dekorasi dan  pembungkus makanan. Dalam kegiatan keagamaan, daun pisang juga banyak dimanfaatkan. Kebanyakan makanan Indonesia menggunakan daun pisang sebagai pelengkap, sebagai pembungkus atau alas hidangan.

Membungkus makanan dengan menggunakan daun pisang sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Sangat populer digunakan sebagai pembungkus makanan  atau alas untuk hidangan karena diyakini dapat menambah cita rasa selain itu, daun pisang juga mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh kita.

Mengapa daun pisanglah yang sering digunakan untuk membungkus makanan daripada daun dari tanaman lain? Kali ini makanabis akan mengulas beberapa alasan dari  rasa penasaran kita tersebut. Yuk, kita simak  beberapa alasannya berikut ini.

Murah dan Mudah Didapat

Daun pisang mudah sekali didapat karena kita hidup di daerah tropis. Harganyapun sangat terjangkau atau tidak mahal, bahkan kadang kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya karena tanaman pisang dapat kita tanam sendiri di kebun atau halaman rumah.

Aman dan Bebas Kimia

Karena berasal dari tanaman, daun pisang merupakan bungkus yang alami yang ramah lingkungan atau tidak membahayakan alam..Tidak seperti bungkus dari plastik yang tidak dapat diurai. Jika akan digunakan cukup dicuci dengan air tanpa sabun sehingga makanan tidak terkontaminasi dengan bahan kimia. Daunnya tidak mengandung getah yang pahit sehingga tidak mempengaruhi rasa pada makanan.

Beraroma Sedap

Dengan kandungan senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, kandungan ini juga dapat menambah rasa sedap pada makanan. Dengan dibungkus menggunakan daun pisang, makanan tidak akan mudah basi karena sifatnya yang anti bakteri.

Permukaan Lebar

Sangat cocok sebagai pembungkus makanan karena permukaannya yang lebar dan panjang. Daunnya tebal dan tidak berpori sehingga makanan tidak bisa bocor atau rembes.

Nah, itulah beberapa alasan dari manfaat daun pisang sebagai pembungkus makanan sajian makanabis. Pohon pisang sangatlah unik karena sangatlah banyak manfaatnya. Mulai dari buah, pohon dan daunnya dapat memberikan manfaat positif bagi kita. Semoga ulasan ini sangat bermanfaat bagi kita.

2020 ini Meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih Meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai Meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho!Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH