Kembali ke Article

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

23 Dec 2020 Inspirasi Ragam
Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia Foto: https://asiasociety.org/
23 Dec/2020

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selatan di Indonesia. Makanan khas Korea Selatan rupanya tak hanya populer di Indonesia saja, tetapi di berbagai belahan dunia. Kesuksesan kuliner Korea Selatan yang menembus pasar global rupanya terjadi karena pemerintah Korea Selatan memang memfokuskan untuk mempromosikan budaya Korea Selatan sebagai salah satu jalan agar ‘selamat’ dari krisis ekonomi di akhir tahun 90an. Beberapa strategi yang dilakukan untuk membuat kuliner Korea Selatan mendunia akan dirangkum Makanabis berikut ini.

Foto: lalafood.app
Foto: lalafood.app

Masuk Adegan Drama dan Reality Show

 

Saat menonton sinetron, film, maupun reality show Korea Selatan, kita pasti akan disuguhkan dengan adegan para pemain yang sedang menyantap makanan khas negeri mereka. Dengan mimik wajah yang seolah meyakinkan penonton bahwa makanan tersebut sangat lezat, seketika penonton akan dibuat lapar melihatnya sehingga sangat ingin mencoba menu yang dimakan oleh si aktor atau aktris tersebut.

 

 

Sineas Korea Selatan juga sering membuat film dokumenter atau sejarah yang menceritakan makanan tradisionalnya. Mereka mengemas imej makanan Korea sebagai makanan yang tak hanya lezat namun juga higienis dan bergizi seimbang. Kepopuleran selebriti Korea juga dimanfaatkan pemerintah untuk menjadi duta kuliner maupun pariwisata sehingga membuat banyak orang semakin tertarik mencoba kuliner khas negeri gingseng tersebut.

Memanfaatkan Teknologi

Seperti yang sudah diketahui, youtuber Korea Selatan merupakan pelopor vlog ‘mukbang’ atau  siaran audiovisual yang menampilkan seorang vlogger tengah menyantap makanan dalam jumlah yang sangat besar dengan mimik dan gestur yang membuat penonton akan merasa lapar. Makanan yang dimakan vlogger tersebut tentu saja makanan khas Korea Selatan. Dengan kata lain, video berkonsep mukbang dapat secara tidak langsung mempromosikan kuliner Korsel.

Gastrodiplomasi

 

Seiring dengan tekad Korea Selat untuk membuat kuliner khasnya mendunua, maka pemerintah menggelontorkan dana yang fantastis untuk program diplomasi kuline atau biasa disebut sebagai Global Hansik. Pmerintah Korea mendukung berbagai festival kuliner Korea yang diadakan di berbagai negara. Tak hanya itu, pemerintah Korea juga mendongkrak jumlah restoran Korea di berbagai belahan dunia serta meluncurkan mata kuliah khusus kuliner Korea di sekolah-sekolah memasak dan juga truk-truk makanan Korea.

 

Dengan sinergi yang hebat dari pemerintah, warga, maupun Korean wave, kuliner khas Korea Selatan langsung melejit pesat dan begitu populer di kancah global. Indonesia yang memiliki makanan khas yang lebih banyak dan lebih kaya rasa dibandingkan dengan Korea Selatan seharusnya juga tak boleh ketinggalan untuk melakukan strategi-strategi khusus untuk mempromosikan kuliner Indonesia. Dimulai dari mempromosikan melalui media online atau media sosial, bukan tidak mungkin kuliner Indonesia akan sepopuler kuliner khas Korea Selatan.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Tak Hanya Menyegarkan,  Ini  Manfaat Cincau Hijau

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau

Cincau hijau, ada dua jenis daun. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atauCyclea barb...

JELAJAH