Kembali ke Article

Mengenal Fusion Food

12 Dec 2019 Food Story Headline
Mengenal Fusion Food
12 Dec/2019

Fusion food adalah suatu inovasi kuliner yang menggabungkan atau memadupadankan beberapa unsur tradisi kuliner yang berbeda dari dua atau lebih budaya yang berbeda yang bertujuan untuk menciptakan suatu karya baru di bidang kuliner agar menjadi lebih menarik dan menciptakan sensasi baru di lidah.

Makanan merupakan bagian dari tradisi suatu daerah bahkan negara. Setiap negara atau daerah memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Makanan dapat dikombinasikan dengan unsur dan tradisi kuliner yang berbeda sehingga muncullah yang namanya fusion food.

Pengolahan dan penyajian fusion food ditekankan pada penataan yang artistik dan kombinasi antara bahan serta teknik pengolahannya yang unik. Biasanya fusion food perpaduan antara rempah-rempah yang bukan tradisional dan makanan daerah yang berbeda.

Menurut data Makanabis di Indonesia, fusion food merupakan sesuatu yang baru dan masih kurang dikenal atau kurang familiar meskipun di negara-negara barat fusion food sudah banyak dikenal. Biasanya fusion food dapat dijumpai di restoran atau hotel yang menyajikan konsep masakan ini. Di Bali, Jakarta dan Bandung konsep fusion food sering dijumpai.

Masakan fusion intinya pengembangan hidangan tradisional dengan mengganti bahan-bahan atau bumbu-bumbu yang sama sekali berbeda dari gaya hidangan aslinya. Perpaduan budaya yang banyak terjadi biasanya antara timur dan barat.

Asian fusion cuisine banyak mengusung masakan dari negara India, Jepang, Thailand dan Cina. Makanan Asia adalah makanan yang paling disoroti di dunia karena variasi dan rasanya yang unik dan sangat nikmat.

Inovasi dan keunikan hidangan fusion tergantung dari kreatifitas rumah makan yang menawarkan hidangan fusion seperti spagheti rendang, yang merupakan perpaduan antara masakan Indonesia dan masakan Italia atau Italian pizza dengan ginger wasabi tuna, perpaduan masakan Jepang dengan Italia.

Demikian arti fusion food yang dapat makanabis bagikan. Semoga ulasan fusion food ini dapat menambah pengetahuan kita tentang kreasi kuliner di suatu negara atau daerah yang memiliki kekhasan dan keunikannya sendiri. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH