Kembali ke Article

Merah Vs Hijau, Apel Mana yang Lebih Unggul?

25 Apr 2021 Ragam
Merah Vs Hijau, Apel Mana yang Lebih Unggul? source : huff post
25 Apr/2021

“Sebiji apel sehari, membuat dokter menjauh." Tapi, tunggu dulu, apel yang seperti apa yang dimaksudkan? Karena apel ada dua warna, merah dan hijau. Sejak lama orang berdebat tentang keunggulan apel merah dan hijau. Tak hanya soal pilihan, Makanabis membeberkan fakta ilmiah tentang keunggulan dan manfaat lebih dari masing-masing apel.

Ternyata Makanabis menemukan fakta, warna kulit apel tidak hanya menentukan jenisnya, tapi juga rasa dan nutrisi yang dikandungnya. Wajar saja jika banyak orang bertanya-tanya dan berdebat tentang jenis apel mana yang lebih hebat manfaat untuk kesehatan. 

source : huff post
source : huff post

Apel hijau rasanya lebih asam dan memiliki kulit tebal sehingga terasa lebih renyah. Sementara apel merah, lebih manis, berair dengan kulit tipis. Jika diukur dari rasa manis, tentu saja orang akan lebih memilih mengkonsumsi apel merah.    

 

Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan, termasuk antioksidan, pektin, quercetin, dan flavonoid. Antioksidan berkhasiat melindungi sel dari kerusakan oksidatif, mengurangi risiko penyakit jantung dan hati kronis. Karena kalorinya yang  rendah, apel sering jadi pilihan buah untuk orang yang sedang menurunkan berat badan dan mengurangi asupan gula.

source : huff post
source : huff post

Ada perbedaan kecil dalam kandungan antara kedua jenis apel tersebut. Apel hijau adalah kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel merah. Selain itu, apel hijau mengandung lebih banyak zat besi, kalium dan protein.

Sebaliknya apel merah  mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih enak. Jika  melihat nilai gizinya maka apel hijau lebih sehat dari pada apel merah. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan asupan antioksidan maka apel merah adalah pilihan yang lebih baik untuk menu harian. Yang paling ideal akan konsumsi kedua jenis apel ini secara bergantian, agar bisa saling melengkapi.

 

 

Article Lainnya


Cara Alami Obati  Radang  Usus   Buntu

Cara Alami Obati Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yan...

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya, tubuh memperoleh bahan ...

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Cumi Goreng Tepung Mantul

Cumi Goreng Tepung Mantul

Asal tidak terlalu lama memasaknya, cumi adalah hidangan seafood yang sangat lezat. Dipadupadankan d...

JELAJAH