Kembali ke Article

Ini Beda Sambal Matah dan Dabu Dabu

08 Oct 2020 Selera Nusantara
 Ini Beda Sambal Matah dan Dabu Dabu Image Source: genpi.com
08 Oct/2020

Kuliner Indonesia seolah tak bisa dipisahkan dengan sambal. Karena sambal begitu disukai, setiap daerah memiliki masing-masing jenis sambal yang beragam. Beberapa sambal yang populer saat ini adalah sambal matah dan sambal dabu dabu. Keduanya memiliki rupa yang hampir mirip sehingga sulit untuk dibedakan. Ulasan Makanabis berikut ini akan membantumu membedakan sambal matah dan dabu dabu.

 

Image Source: m.rcti.com
Image Source: m.rcti.com

Sambal Matah

Sambal matah berasal dari Bali dan menjadi salah satu ikon Pulau Dewata. Sambal ini biasa disajikan dengan daging ayam, sapi, ikan, maupun mi. Memiliki perpaduan rasa yang segar, pedas, dan gurih, sambal matah terbuat dari cabai, bawang, terasi, jeruk nipis, daun jeruk, dan serai. Untuk membuat sambal matah, bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, bawang putih, serai, dan daun jeruk hanya perlu diiris kecil-kecil lalu dicampur dengan terasi bakar, minyak panas, garam, dan perasan jeruk nipis.

 

Sambal Dabu Dabu

Jika sambal matah berasal dari Bali, sambal dabu dabu berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Meskipun tampak mirip, terdapat beberapa bahan pembedanya antara keduanya. Sambal dabu dabu tidak menggunakan serai, daun jeruk, dan terasi. Sebaliknya, sambal dabu dabu menggunakan tomat dan daun kemangi yang tidak ada pada bahan baku sambal matah. Untuk membuat sambal dabu dabu, cukup campurkan irisan tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam lalu lumuri dengan minyak kelapa panas dan perasan jeruk nipis.

 

Kedua sambal yang ternyata memiliki perbedaan dari segi bahan baku ini rupanya memiliki persamaan pada cara pembuatannya yang dilakukan tanpa proses penggorengan. Sambal matah dan sambal dabu dabu sangat cocok disantap sebagai pelengkap lauk maupun makanan lain.

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH