Kembali ke Article

Mitos Daging Empuk dengan Sendok

17 Jun 2020 Ragam
Mitos Daging Empuk dengan Sendok
17 Jun/2020

Tak hanya dunia spiritual saja yang mengenal mitos. Kuliner juga ada banyak mitos yang kadang tetap dilakukan mesti tidak terbukti. Tentunya makanabis.com tidak akan membahas pesugihan, tuyul atau apapun terkait mitos. Tapi teknik kuliner yang banyak dilakukan masyarakat, walau secara teknis tidak terbukti kebenarannya.

 

Seperti saat memasak daging misalnya, banyak orang bilang merebus daging bersamaan sendok stainless akan melembutkan daging yang dimasak. Saat makanabis mencoba mengorek alasan ini, kebanyakan orang percaya dan menjawab jika   sendok bisa menghantarkan panas dan membuat daging lebih cepat empuk. Tunggu dulu, benarkah demikian?

 

 

Chef Bahran, Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort, dengan tegas menentang pendapat atau mitos itu. Menurutnya tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan berbahaya. "Wah itu mitos sesat. Justru elemen dan unsur  yang terkandung sendok dapat   membahayan kesehatan kita," tegasnya saat di wawancara Makanabis.com.

 

 

Sepengetahuan chef Bahran yang telah malang melintang di duni kuliner selama 30 tahun ini, tidak ada teknik pengempukan daging seperti itu. Namun dirinya mengatahui bahwa mitos ini berkembang tak hanya di Indonesia. “Selain di Indonesia, orang Filipina juga melakukan hal yang sama. Untuk diwilayah Asia Tenggara lainnya saya masih belum tahu,” ucapnya setengah tertawa. 

Cara Benar

 

Ia lantas menjelaskan ada beberapa hal yang membuat daging cepat empuk saat dimasak. Pertama memilih daging yang hendak dimasak. Daging sapi mudah lebih cepat empuk dari pada daging sapi yang telah berumur.   

 

Atau bisa juga pilih bagian dagingnya.  Bagian tenderloin atau bagian terluar tengah badan sapi. Bisa juga bagian sirloin atau bawah iga sapi. Semua bagian itu cukup empuk.

 

Dan untuk durasi memasaknya menurut chef Bahran   rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk membuat rendang adalah 40 menit, lama dan cepatnya bergantung pada jenis daging sapi dan besaran api yang digunakan.

 

 

Sebelumnya akun @kojekrapbetawi viral membuktikan dengan eksperimen memasak daging dengan sendok. Walhasil, bukannya empuk daging malah masih kenyal dan alot. Nah, masih percaya mitos?? wsn/bbs

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH