Kembali ke Article

Mulai Sekarang Konsumsi Jahe Mentah!!

16 Oct 2020 Khasiat
Mulai Sekarang  Konsumsi Jahe Mentah!!
16 Oct/2020

Jahe telah digunakan beribu-ribu tahun untuk tujuan penggunaan obat. Akar atau rimpang atau rhizome  dari tanaman jahe dapat dikonsumsi secara segar, kering dalam bentuk rempah, dalam bentuk minyak, atau jus. Sebagai obat alami jahe  mengurangi gejala mual, nyeri, dan inflamasi.

 

 

 

Jahe mentah mengandung beratus-ratus senyawa dan metabolit. Senyawa dan metabolit tersebut  berkontribusi pada kesehatan dan penyembuhan. Secara umum, kandungan yang bermanfaat pada jahe  adalah gingerol dan shogaol. Karena itu, makanabis merekomendasikan konsumsi jahe mentah untuk mendapatkan manfaat berikut ini:   

foto : healthline
foto : healthline

 

Pencernaan

Senyawa fenolik pada jahe mentah dikenal dapat  melegakan iritasi gastrointestinal, merangsang produksi asam empedu dan saliva. Fenolik bertugas menekan kontraksi lambung saat makanan dan minuman sedang dalam proses perpindahan dalam saluran pencernaan. Jahe juga berperan dalam memberikan efek yang menguntungkan pada enzim tripsin dan enzim lipase pada pankreas, serta dapat meningkatkan motilitas saluran pencernaan. Inilah yang menjadi rahasia mengapa jahe mentah dapat mencegah terjadinya  kanker kolon dan konstipasi.

 

 

Mual

 

Mengunyah jahe mentah atau minum teh jahe adalah pengobatan secara individual yang umum dilakukan untuk pencegahan mual selama pengobatan kanker. Mengonsumsi jahe untuk motion sickness dapat mengurangi rasa mual, namun tidak dapat mencegah rasa ingin muntah. Jahe juga bermanfaat untuk kehamilan dalam hal melegakan mual. Inilah mengapa permen jahe banyak dijual dikendaraan umum saat perjalanan.  

foto : treehungger
foto : treehungger

 

Pilek dan flu

Menjelang musim hujan, persiapkan diri Anda dari serangan pilek dan flu. Usahakan suhu tubuh tetap hangat dengan memakan irisan jahe mentah atau yang diseduh menjadi teh. Jahe bersifat diaforetik yang dapat merangsang terjadinya keringat, bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Untuk membuat teh jahe di rumah, potong 20 – 40 gram jahe mentah dan rendam dalam secangkir air panas. Seiris potongan lemon atau setetes madu akan menambah rasa dan memberikan tambahan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri.  Cara ini mengusir jauh pilek atau flu.

 

 

Pereda Nyeri

 

University of Georgia menemukan bahwa konsumsi jahe harian akan mengurangi nyeri otot yang diinduksi latihan sebesar 25 persen. Jahe juga ditemukan dapat mengurangi gejala dismenore, nyeri parah yang terjadi pada wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, serta meredakan sakit kepala. Studi ini melibatkan 74 sukarelawan dengan memberikan jahe mentah secara rutin. 

foto : herzindagy
foto : herzindagy

 

Nutrisi

 

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), jahe merupakan zat aditif makanan yang dipercaya bersifat aman. Jahe dapat menjadi asupan nutrisi yang menyehatkan, karena kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan, yang mencakup gingerol, beta-karoten, capsaicin, asam kafeat, kurkumin, dan salisilat. Jahe mentah dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, oleh karena itu jangan lupa untuk mengonsumsi jahe mentah sebagai zat aditif makanan sehari-hari.

 

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH