Kembali ke Article

Nasgor Mbako Khas Temanggung

Nasgor Mbako Khas Temanggung  foto:heriirfani
21 Nov/2019

Nasi goreng menjadi makanan favorit bagi orang Indonesia dan orang luar negeri, nasi gorengpun mudah ditemui dan mudah dibuat sendiri di rumah, yang anda perlukan hanyalah nasi dan beberapa topping. Nasi goreng yang biasa kita temui menggunakan topping telur, sosis, seafood, bakso dan lain-lainnya. 

Namun di kota Temanggung ada nasi goreng yang berbeda yaitu nasi goreng mbako. Apa itu nasi goreng mbako? baca ulasan makanabis berikut ini:

Nasi goreng mbako adalah nasi goreng yang memanfaatkan biji tembakau dan daun tembakau. Hal pertama yang perlu kita ketahui, Temanggung adalah wilayah penghasil tembakau terbaik di tanah air.

Jika kita masuk kedalam kota Temanggung maka kita akan disambut oleh ladang tembakau di sepanjang kanan kiri jalan.Tak heran jika kabupaten Temanggung menjadi produsen terbesar tembakau.

Pada umumnya daun tembakau biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan rokok. Namun di kota Temanggung memanfaatkan daun tembakau sebagai topping dalam nasi goreng. 

Sebenarnya nasi goreng mbako dengan nasi goreng biasa tidak jauh berbeda warnanya pun sama yaitu berwarna coklat namun yang sangat membuat beda ada pada bumbu yaitu menggunakan biji tembakau, dan adanya topping daun tembakau.

Cara mengolah biji tembakau menjadi bumbu dengan cara biji tembakau digoreng sangria atau digoreng tanpa minyak selama sekitar 15 menit, selanjutnya biji-biji tembakau dihaluskan baru kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunakan, salah satunya adalah tembakau srintil.  Bagaimana apakah anda jadi ingin mencoba makanan satu ini? jika anda berminat dan sedang berkunjung di kota  temanggung jangan lupa untuk mampir dan mencicipi makanan nusantara yang satu ini.  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew -

Article Lainnya


Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

Resep Macaroni Schotel

Resep Macaroni Schotel

Makaroni schotel yang dikenal di Indonesia berasal dari Belanda, sulit untuk dibantahkan. Schotel ar...

JELAJAH