Kembali ke Article

Negara Vegetarian Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

14 Sep 2020 Headline Ragam
Negara  Vegetarian Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa? Image Source: theconversation.com
14 Sep/2020

Vegetarianisme atau biasa disebut vegetarian merupakan gaya hidup yang ditrapkan seseorang dalam menghindari makanan yang berbahan daging hewan. Gaya hidup ini diterapkan sebagai salah satu bentuk dari penerapan gaya hidup sehat. Jumlah vegetarian di dunia diketahui semakin bertambah setiap harinya seiring dengan semakin tingginya kesadaran manusia untuk memiliki pola hidup yang sehat dan seimbang. Negara di dunia berikut ini menjadi negara-negara yang memiliki penduduk vegetarian terbanyak.

Image Source: https://www.greenqueen.com.hk/
Image Source: https://www.greenqueen.com.hk/

India

India sebagai negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu menjadi negara dengan penduduk vegetarian terbanyak di dunia. Sebanyak 38 persen atau 380 juta jiwa penduduk negara ini menerapkan gaya hidup vegetarian dalam keseharian. Bukan faktor kesehatan atau lingkungan, agama dan ajaran budaya lah yang menjadi penyebab utama dari penerapan gaya hidup vegetarian. Dalam agama Hindu, sapi merupakan hewan yang suci dan tidak ada yang boleh mengonsumsi dagingnya. Sedangkan untuk daging dari jenis hewan lain pun juga jarang dikonsumsi karena mayoritas penduduk India menerapkan ajaran Ahimsa dimana sesama makhluk yang bernyawa harus saling menyayangi.

Image Source: https://www.happycow.net/
Image Source: https://www.happycow.net/

Taiwan

Negara Asia kedua yang memiliki penduduk dengan jumlah vegetarian terbanyak adalah Taiwan. Sebanyak 12 persen dari penduduk Taiwan diketahui memiliki gaya hidup tersebut. Sama seperti India, agama menjadi penyebab penduduk Taiwan tidak mengonsumsi daging hewan. Diketahui, pengaruh agama Buddha, Hakka, dan Hokkien membuat masyarakat di negara ini wajib menjadi seorang vegetarian. Selain itu, pemerintah Taiwan turut mendukung gaya hidup vegetarian dengan mengkampanyekan ‘one day vegetarian every week’.

Image Source: https://www.israel21c.org/
Image Source: https://www.israel21c.org/

Israel

Di Israel, 13 persen penduduknya diketahui menganut gaya hidup vegetarian. Israel bisa dikatakan sebagai surga bagi para vegetarian dan vegan karena di negara ini, restoran vegan dan vegetarian sangat melimpah dan mudah dijumpai. Penduduk Israel sangat menyadari pentingnya menerapkan pola makan sehat sehingga gaya hidup vegetarian tumbuh subur di negara ini. Selain faktor kesehatan, agama Yahudi menjadi salah satu alasan banyaknya penganut vegetarian di Israel.

Jerman

Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang banyak penduduknya merupakan seorang vegetarian. Sekitar 10 persen penduduk Jerman diketahui mengikuti gaya hidup ini. Kota di Jerman yang paling banyak memiliki penduduk vegetarian adalah Berlin. Penduduk Jerman sangat menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti vegetarian. Selain alasan keshatan, faktor lingkungan dan perlindungan terhadap hewan turut memotivasi penduduk Jerman menjadi vegetarian. Mayoritas dari mereka percaya jika hewan, sebagai makhluk yang bernyawa juga memiliki hak hidup sama seperti manusia.

Itu tadi empat negara yang memiliki penduduk dengan prosentase vegetarian terbanyak di dunia dan Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut. Dari penjelasan di atas, alasan seseorang memutuskan menjadi vegetarian ternyata tak hanya dipengaruhi karena faktor kesehatan saja. Alasan lain seperti agama, budaya, perlindungan terhadap lingkungan dan hewan juga turut menjadi pemicu seseorang menjadi vegetarian.

 

Article Lainnya


Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’  Nama Kuliner Indonesia

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’ Nama Kuliner Indonesia

Jajanan odading viral belakangan ini. Tren pencarian nama kudapan satu ini mendadak melejit naik. Ad...

JELAJAH