Kembali ke Article

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

29 May 2020 Ragam
NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner
29 May/2020

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New Normal. Pemerintah akan segera menerapkan kebijakan New Normal, New Norma pada sektor usaha, masih banyak lagi bahasan New Normal. Sebenarnya apa itu New Normal?

 

 

Dari informasi yang berhasil makanabis.com kumpulkan, konsep New Normal adalah adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang belum pernah ada sebelum pandemi. 

New Normal adalah upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.  New Normal sebuah tahapan baru setelah kebijakan stay at home atau work from home atau pembatasan sosial diberlakukan untuk mencegah penyebaran massif wabah virus corona. New Normal utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan.

 

 

Jadi pemberlakuan New Normal ini bukan sekedar bebas beraktivitas di luar rumah, ke mall, keluyuran atau kegiatan-kegiatan tak jelas lainnya. Namun, pelonggaran ini lebih ditujukan pada kegiatan atau aktivitas yang berdampak pada ekonomi, sosial dan tujuan positif lainnya.  Sebab jika aktivitas ekonomi terus berhenti total maka negara tidak punya pemasukan, akibatnya negara juga tidak bisa mengurus rakyatnya.

 

 

New Normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada disekitar kita. Untuk itu, aktivitas ekonomi atau sektor publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

 

Untuk bisnis kuliner kuliner seperti kedai, rumah makan, restoran, cafe dan sebagainya, diwajibkan menerapkan protokol new normal. Sebagai bentuk kepatuhan lanjutan dalam rangka ikut memutus rantai penyebaran pandemi dengan lebih sadar dengan kebersihan diri dan lingkungan.

 

 

Protokol kesehatan tidak saja untuk konsumen, tetapi juga dilakukan internal pelayanan.Standart baru untuk pelayanan kuliner seperti waitress yang menggunakan face shiled dan sarung tangan latex. Ini berlaku sejak kedatangan konsumen, proses penyajian hidangan sampai meninggalkan lokasi kuliner. Hingga wacana menggunakan taplak sekali pakai untuk meja.

 

Hal ini lah yang membuat banyak pengusaha restoran di berbagai negara mulai menyesuaikan situasi ini dengan mengikuti tren kuliner new normal di berbagai negara. Memasang sekat kaca di setiap meja, mengecek suhu pengunjung sebelum masuk, meningkatkan sistem kebersihan restoran, hingga menerapkan konsep social distancing dengan membatasi jumlah tamu.

 

 

Makanabis.com meliris dari  jurnal International Foodservice Manufacturers Association (IFMA), ada banyak perubahan di industri kuliner selama masa pandemi covid 19. Seperti peningkatan layanan pesan antar makanan, kemasan makanan hingga tata cara menikmati makanan.

 

Menurut Jurnal yang diterbitkan laman Deloitte, konsumen kini jauh lebih memperhatikan kesehatan terutama dalam memilih makanan. Sehingga tren makanan sehat dan tren masak di rumah dipilih banyak orang.

 

Di Indonesia sudah banyak  restoran  melayani pesan antar dengan kemasan khusus. Bahkan saat ini banyak produk makanan rumahan dijual online. Dengan memanfaatkan media sosial beberapa pengusaha kuliner kini juga sudah banting stir dengan menekuni frozen food dan makanan kemasan yang higienis. Pembeli tinggal merebus atau memasak di rumah. Wsn/bbs

 

 

 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH