Kembali ke Article

Nih,,,,Cara Benar Simpan Minyak Goreng !!!

27 Aug 2020 Headline Tips n Trick
Nih,,,,Cara Benar  Simpan Minyak Goreng !!!
27 Aug/2020

Pada dasarnya semua jenis minyak goreng dapat bertahan hingga dua tahun bila disimpan dengan benar. Tapi tetap harus diperhatikan cara  penyimpanannya, karena bagaimanapun juga, minyak memiliki batas waktu pemakaian terbaiknya.

 

 

Berdasarkan sumbernya, Makanabis membagi  minyak goreng menjadi dua, yaitu berasal dari nabati dan hewani. Nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewani umumnya berasal dari lemak binatang. atau tumbuhan maupun yang berasal dari hewani. Contoh minyak goreng nabati adalah minyak sawit, zaitun, minyak biji anggur, minyak jagung, kelapa dan lain sebagainya. Lantas penyimpanan seperti apa yang harus dilakukan agar minyak goreng tetap dalam kondisi baik? 

 

Simpan dalam Botol Kaca

 

Saat membeli, biasanya kemasan minyak goreng pada botol plastik atau pouch.  Namun saat hendak disimpan atau digunakan, sebaiknya pindahkan minyak tersebut pada botol kaca. Apalagi jika ada rencana hendak menyimpan minyak tersebut dalam jangka waktu yang lama. Karena wadah atau botol plastik   cepat memuai dan larut ke dalam minyak. Apalagi dengan jumlah peroksida (standar  nilai kerusakan pada minyak) akan cepat naik. Semakin tinggi peroksida, maka semakin cepat timbul bau tengik pada minyak. Oleh sebab itu, segera pindahkan ke dalam botol kaca untuk memperpanjang daya tahan  minyak secara keseluruhan serta mencegah masuknya mikroba atau oksigen ke dalam minyak akibat seringnya membuka-tutup botol.

 

Jangan Dekat Kompor

 

Faktanya, hampir seluruh orang menyimpan minyaknya dekat kompor, agar lebih lebih mudah untuk diakses saat ingin menggunakannya untuk memasak. Padahal minyak goreng yang disimpan dekat kompor akan mudah terkena suhu panas dari kompor. Akibatnya, kualitas minyak goreng akan  turun. Sebaiknya segera pindah penyimpanan. Simpan minyak goreng di rak atau lemari dapur yang tertutup. Pastikan minyak goreng berada dalam suhu ruangan yang stabil supaya kualitas minyak goreng tetap terjaga dengan baik.

 

Sinar Matahari Langsung

 

Minyak goreng tidak boleh disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Suhu panas dari sinar matahari langsung dapat meluruhkan kandungan antioksidan minyak dan mempercepat pembusukan. Jika menggunakan kemasan plastik,  minyak goreng akan makin cepat memuai, maka akan semakin cepat kandungannya menjadi rusak. Happycooking-Makanabis.com

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

JELAJAH