Kembali ke Article

Nihhhh Batas Aman Konsumsi Cumi.....

06 Jun 2020 Tips n Trick
Nihhhh Batas Aman Konsumsi Cumi.....
06 Jun/2020

Banyak  olah makanan berbahan dasar cumi.   cumi-cumi bakar, cumi-cumi goreng tepung, cumi-cumi saus tiram, cumi-cumi asam manis, dan masih banyak olahan lain yang bikin mulut penuh dengan air liur. Kementrian kesehatan mempublikasikan bahwa seluruh bagian dari tubuh cumi-cumi bisa dikonsumsi.

 

Masalahnya, akhir-akhir makanabis.com, sering kali mendapatkan rumor dari masyarakat yang menyatakan cumi-cumi pemicu kolestrol. Lantas dengan serta merta banyak percaya dan mulai menghidari olahan cumi.Miris melihat kenyataan ini. Karena fakta yang makanabis dapatkan justru sebaliknya.

Nilai Kandungan Gizi

 

Dari segi kenikmatan cumi  memang tidak diragukan. Tekstur   yang kenyal memberikan sensasi nyaman saat dikunyah.  Beragam penelitian yang dilakukan untuk menemukan kandungan dari cumi-cumi ternyata menemukan manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

 

Dari hasil laboratorium kandungan gizi cumi-cumi memiliki kandungan kolesterol sebanyak 260 mg setiap 100 gramnya. Nilai ini jelas  tergolong rendah jika dibandingkan kuning telur, dan jeroan. 

Namun, faktanya tubuh kita ‘hanya’ membutuhkan asupan kolesterol ukuran satu porsi 3 ons cumi-cumi saja.  Diluar ukuran tersebut, akan berbahaya bagi tubuh dan beresiko menimbulkan penyakit stroke, jantung, kanker, hingga darah tinggi. Sehingga harus dihindari memakannya dengan porsi berlebihan, karena akan mengakibatkan cumi-cumi memiliki sifat “racun” bagi tubuh. Ahli gizi menyarankan bahwa cara memasak cumi-cumi ini sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus karena dengan begitu masih tetap mempertahankan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Wsn/bbs

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH