Kembali ke Article

Nikmat Sensasional Sate Klatak

19 Nov 2019 Food Story
Nikmat Sensasional Sate Klatak Gus Nas dan Tritan Saputra Makanabis
19 Nov/2019

“Kalau ke Jogja, harus nyobain sate klatak,” begitu pesan Gus Nas pada makanabis. HM Nasruddin Anshoriy CH alias Gus Nas adalah  budayawan Jogyakarta. Tak berani makanabis menolak saran beliau. “Klatak itu sate kambing ya, Gus?” tanya makanabis.  “Sudalah pokoknya nanti malam kita ketemu di warung pak Jupaini,” ujar Gus Nas yang makin membuat makanabis penasaran.

Warung sate klatak pak Jupaini
Warung sate klatak pak Jupaini

Ternyata, saat makanabis menuju tempat yang dimaksud, banyak berjejer warung-warung makan yang menawarkan sate klatak. Hampir sepanjang jalan, berjajar warung-warung yang menawarkan sate kambing. Warung-warung sederhana, khas daerah pedesaan. Tapi pengunjungnya sangat banyak. Beberapa mobil terlihat berjajar rapi, dan rata-rata, warung-warung sate tersebut penuh dengan pengunjung yang sedang makan atau sekedar antri menunggu giliran untuk bisa bersantap.

potongan besar yang ditusukkan pada jeruji
potongan besar yang ditusukkan pada jeruji

Sate klatak adalah sate daging kambing muda yang ditusuk dengan jeruji besi. Jeruji besi dipakai tusukan bukan tusukan bambu biasa. Selain itu ukuran potongan daging kambingnya lebih besar tiga kali dari sate biasa. Tidak heran kalau penyajiannya tiap porsi hanya dua tusuk dan harganya Rp 12.000. Jadi harga per tusuknya Rp 6.000.  

pembakaran dengan api besar dan bumbu sederhana
pembakaran dengan api besar dan bumbu sederhana

Sate Klatak memiliki keunikan dan berbeda dengan sate biasa. Pada proses pembakaran sate klatak hanya dibumbui garam saja dan polos warnanya. Ini yang membedakan, karena pada sate kambing umumnya biasanya dibumbui lengkap dan sausnya sudah lazim dengan kacang atau kecap manis. “Nama klatak ini berasal dari bunyi daging kambing yang dibakar dengan tusukan jeruji besi. Saat daging beradu dengan bara api, muncul bunyi klatak, klatak, itulah kemudian dijadikan nama Menurut penemunya dulu, jeruji dipakai karena bisa menghantarkan panas, sehingga daging kambing dapat matang dengan lebih baik,” jelas Gus Nas.

saat matang warna daging kambingnya tetap polos
saat matang warna daging kambingnya tetap polos

Menurut Gus Nas, dulu warung-warung sate klatak tidak banyak. Pada tahun 50-60an, hanya ada dua atau tiga warung saja. Namun pada medio 80an, usaha kuliner sate klatak ini berkembang dengan pesat. Kini sudah puluhan warung menjual kuliner khas Jogja ini. Bahkan jejeran warung sate klatak ini akan panen pengujung saat memasuki weeked dan liburan.   

dicampur kecap dan kuah gule atau tengkleng
dicampur kecap dan kuah gule atau tengkleng

Yang bikin unik sate klatak adalah cara penyajiannya dengan kuah gule kambing yang kental. Sate klatak makin tambah nikmat saat  ditambahi menu lain seperti tongseng dan tengkleng kambing. Dan yang menjadi andalan adalah menu tongseng kepala kambing. Tongsengnya lengkap banget ada mata, lidah, daging dan telinga. Soal harga tidak usah kuatir, cukup murah untuk  seporsi Rp 15.000. Makan di Warung Pak Jupaini   perlu kesabaran karena ketika weeked pengunjung harus antri untuk bisa menikmati sate klatak. Beruntung makanabis bersama orang-orang top Jogja sehingga bisa pesan menu sebelum sampai di warung. Dan saat menyantap satenya rasanya sensasional, empuk, gurih, dan juicy bercampur dengan kecap, bawang dan cabe. Bahkan makanabis sampai tambah dan tambah lagi, benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.

team makanabis mencoba kuliner sate klatak
team makanabis mencoba kuliner sate klatak

Article Lainnya


Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Berkunjung ke Afrika Selatan tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu maka...

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih...

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar alias Coriandrum sativum salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer s...

JELAJAH