Kembali ke Article

Nugget, Awalnya Tercipta Sebagai Karya Ilmiah

07 Oct 2020 Food Story Headline
Nugget, Awalnya Tercipta Sebagai Karya Ilmiah foto : slade
07 Oct/2020

Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang paling berkembang pesat. Nugget adalah produk ayam yang dibentuk dari cincangan daging ayam  dilapisi tepung roti dan telur, yang  digoreng atau dipanggang. Makanan ini banyak tersedia di restoran siap saji yang digoreng dalam minyak nabati atau minyak kelapa.

 

Cincangan daging ayam siap produksi
Cincangan daging ayam siap produksi

Makanabis mencatat Robert C. Baker adalah pencipta nugget ayam  pada  1950. Professor ilmu pangan di Cornell University ini awalnya mencipta nugget sebagai karya akademis unpatented. Inovasinya,   memungkinkan untuk membentuk nugget ayam dalam konsidi apapun. Sementara  resep McDonald untuk ayam Mcnugget pertama kali dibuat pada komisi dari McDonald dengan Tyson foods pad pada  1979 dan produk ini mulai dijual setahun kemudian, tepatnya pada  1980. Beberapa restoran Fastfood juga meluncurkan altervative nugget sayur.

 

 

 

McDonald dengan McNuggetya juga menawarkan nugget yang terbuat dari kacang, di Irlandia,  R. Haecker yang menawarkan makanan vegetarian nugget dibuat dengan buncis dan kubis, dan Swedia makanan lestoran cepat Max Hamburger menawarkan cawan berisi nugget yang terbuat dari falafel.

foto : reuter
foto : reuter

Bahan baku nugget adalah cincangan  daging ayam, tepung-tepungan, dan beberapa jenis bumbu-bumbuan. Pengolahan di industri, nugget ayam melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan bahan  pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi tersebut diberikan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, emulsi yang telah diberikan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.

Dalam penyimpanannya, makanan ini memerlukan perlakuan khusus, yaitu selalu di simpan dalam kondisi beku (frozen). Hal ini karena Chicken Nugget merupakan hasil produk olahan hewani yang masuk dalam kategori mudah rusak oleh mikro organisme.

Article Lainnya


5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH