Kembali ke Article

Onde onde Perlambang Kebersamaan dan Keselamatan

05 Feb 2020 Food Story
Onde onde Perlambang Kebersamaan dan Keselamatan
05 Feb/2020

Onde onde, jajanan yang banyak dijual di pasar ini memang memiliki rasa yang enak. Bentuknya bulat dan bertabur wijen, diisi dengan kacang hijau dan aneka rasa lainnya. Sekarang isian Onde onde lebih beragam mulai dari kacang hijau, matcha, cokelat, durian, nangka, keju hingga mozarella.

Makanabis mengutip dari sumber sejarah, di Nusantara, onde onde sudah ada sejak zaman Majapahit. Kue ini sangar terkenal di di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde onde sejak zaman Majapahit. Salah satu pabrik onde onde tertua di Mojokerto yaitu Toko Bo Liem di Mojokerto, yang sudah berdiri sejak 1929.

Meski sudah ada dan dibuat sejak zaman Majapahit, onde-Onde bukan kue asli Nusantara. Onde onde berasal dari Tiongkok yang dibuat di masa kekuasaan Dinasti Zhou, yaitu sekitar 1045 – 256 SM. Awalnya kue ini dibuat untuk disajikan pada para tukang kayu dan tukang batu yang saat itu sedang membangun istana kekaisaran.

Onde onde menjadi perlambang dari keselamatan dan kebersamaan. Dan uniknya kue bertabur biji wijen ini ternyata memiliki banyak nama dan beraneka varian isi. Pada masa Dinasti Tang, seorang sastrawan bernama Wang Fanzhi sempat menuliskan bahwa onde onde merupakan salah satu makanan istimewa di Istana kekaisaran Chang’an dengan sebutan ludeui. Sementara sebagian masyarakat di Tiongkok Utara mengenalnya dengan matuan. Sementara di daerah lain di Tiongkok, kue ini bernama jen dai.

Ada kemungkinan onde onde pertama kali dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Awalnya Onde-Onde hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Onde onde dapat ditemukan di pasar tradisional dan dijual oleh pedagang kaki lima dipinggir jalan. Kudapan juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau di kukus dan permukaannya ditaburi dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Di Hong Kong, makanan ini dapat ditemui di hampir seluruh toko kue. Di Malaysia, onde-onde disebut sebagai kuih bom. Kuih bom biasanya diisi dengan parutan kelapa manis atau kacang, namun ada juga yang diisi dengan pasta kacang merah.

Sementara dVietnam, makanan ini dikenal sebagai bánh cam di daerah Vietnam selatan dan bánh rán di daerah Vietnam utara. Bánh rán diberi pengharum bunga melati. Selain itu, bisa juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, dan berbagai bahan makan khas Vietnam lainnya. Penganan ini biasa dihidangkan bersama sayuran dan saus celup. Di Filipina, onde-onde disebut butsi.

2020 ini Meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih Meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai Meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/berbagai sumber.

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH