Kembali ke Article
Optimisme Berinvestasi di Sulawesi Selatan
26 Nov/2019

Optimisme Berinvestasi di Sulawesi Selatan

26 Nov 2019 Ragam

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi paling bersinar di Bagian Indonesai Timur. Beberapa prestasi tingkat nasional berhasil ditoreh oleh provinsi ini. Namun meski begitu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya untuk mendongkrak masuknya investasi ke daerahnya.

Bertempat di Hotel Royal Singosari Surabaya, pada Selasa 22 Nopember 2019, Pemerintah Sulawesi Selatan menggelar pertemuan yang dikemas dalam “South Sulawesi Investment Meeting.” Turut hadir dalam acara tersebut, tokoh-tokoh dari Sulawesi Selatan yang mencoba untuk memperkenalkan potensi usaha di daerahnya kepada para pelaku usaha di Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

Sebagai pembicara, Secara khusus KADIN Jatim diwakili oleh Tritan Saputra. Dalam paparannya, Tritan menjelaskan berbagai hal dalam kaitan kesiapan Provinsi Sulawesi Selatan dalam menerima masuknya investasi di wilayahnya. “Masalah kesiapan adalah hal yang sangat krusial dalam bisnis. Layakkah Sulawesi Selatan masuk kedalam zona menguntungkan untuk berinvestasi? Serta masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya,” urai Tritan yang disimak oleh sekitar seratus udangan yang hadir.

Baiklah, lanjut Tritan, kita bedah satu persatu. Pertama, pertumbuhan Ekonomi di SulSel adalah 7.07% ini jelas jauh diatas angka pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5.1%. dan sejak lama, Sulsel adalah simpul transportasi dan ekonomi untuk wilayah Indonesia Timur. Selain juga penyangga bahan pangan Indonesia Timur.

“Dan jangan lupa, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 0,80 (2017-2018) dengan penduduk usia produktif 4.16 juta jiwa pada 2018. Dan yang tak boleh dilupakan adalah Sulawesi Selatan adalah pusat keuangan dan pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa dan Indonesia Timur. Ditunjang oleh majunya layanan kesehatan dan pendidikan ,” papar Tritan.

Tentu saja dengan pengungkapan data ini membuat  optimisme berinvestasi di Sulawesi Selatan begitu tinggi. Bahkan beberapa kalangan menyebut, Sulawesi Selatan sebagai dareah ramah dan layak untuk investasi.

Saat ditanya peluang investasi apa saja yang di tawakan oleh daerah Sulsel? Dengan lugas Tritan menjawab, “Hampir semua bidang. Agriculture (jagung, kopi, kakao, sapi, udang, dan rumput laut). Pertambangan berupa  emas, nikel, marmer, pasir besi dan lainnya. Pariwisata dengan varian yang sangat luas seperti budaya, bahari, sejarah, dan kuliner. Infrastruktur  berupa pembangunan kereta api. Kawasan Industri di Maros dan IT (hardware, software),” ungkapnya.  

Selain peluang, dukungan untuk kemudahan dalam berinvestasi juga sudah ditunjukkan oleh pemerintah daerah dengan jaminan kemudahan dan kecepatan dan mengurus perinjinan. Penyediaan layanan dengan harga normal. Pajak dan kepastian hukum dalam berusaha. Tata ruang yang pro investasi serta yang tidak boleh ketingalan adan sokongan perbankan  yang pro pada dunia usaha.

 

Article Lainnya


6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

6 Jajanan Kering yang Wajib disuguhkan di Hari Natal!

Hari Natal sebentar lagi. Banyak umat kristiani yang mulai berbelanja kebutuhan natal seperti hadiah...

Selain Gelato, Ini 7 Dessert Khas Italia Penggugah Selera

Selain Gelato, Ini 7 Dessert Khas Italia Penggugah Selera

Italia adalah surganya dessert lezat. Gelato adalah salah satu dessert yang terkenal disana. Setelah...

Bakpao, Tercipta Sebagai Ganti Ritual Penggal Kepala Manusia

Bakpao, Tercipta Sebagai Ganti Ritual Penggal Kepala Manusia

Bakpao atau roubao, makanan tradisional Tionghoa. Di Indonesia nama bakpao ini diambil d...

Resep Bakso Homemade Makanabis

Resep Bakso Homemade Makanabis

Bakso merupakan daging yang digiling yang dicampur dengan tepung tapioka dengan bumbu-bumbu lada dan...

JELAJAH