Kembali ke Article

Pancake dan Waffle, Serupa Tapi Beda

15 Oct 2020 Headline Ragam
Pancake dan Waffle, Serupa Tapi Beda Image Source: bettycrocker.com
15 Oct/2020

Siapa yang bisa menolak sajian pancake dan waffle? Keduanya menjadi favorit banyak orang di belahan dunia karena rasanya yang lezat dan proses pembuatannya yang praktis. Kedua makanan ini diketahui memang sangat mengenyangkan, maka dari itu banyak yang mengonsuminya sebagai menu sarapan. Bagi orang awam, pancake dan waffle memiliki rupa dan rasa yang sedikit agak mirip sehingga sulit untuk membedakannya. Perbedaan antara pancake dan waffle akan diulas oleh Makanabis berikut ini.

 

Image Source: bettycrocker.com
Image Source: bettycrocker.com

Pancake

Mengapa pancake dan waffle sulit dibedakan? Jawabannya adalah karena bahan baku yang digunakan hampir mirip. Pancake dan waffle sama-sama menggunakan tepung terigu berprotein sedang, baking soda, telur, mentega, susu cair, gula, dan garam. Hanya saja, pancake tidak menggunakan ekstrak vanila seperti pada waffle Tekstur dari pancake lebih empuk, lembut, dan mengembang. Untuk membuatnya, siapapun dipastikan bisa hanya dengan menuangkan adonan pada wajan biasa.

 

[IKLAN-GOOGLE]

Image Source: https://cookidoo.thermomix.com/
Image Source: https://cookidoo.thermomix.com/

Waffle

Perbedaan waffle dan pancake dalam segi bahan rupanya tak hanya pada ada atau tidaknya ekstrak vanila. Perbedaan lainnya adalah waffle menggunakan gula lebih banyak dari pancake untuk karamelisasi serta mentega yang juga dipakai lebih banyak. Memasak waffle pun tidak bisa di sembarang wajan karena harus menggunakan cetakan khusus waffle. Sehingga, tekstur dari waffle sedikit lebih renyah pada bagian luar dan lembut pada bagian dalam.

 

 

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar antara pancake dan waffle terletak pada bahan baku, prosentase bahan baku, proses pembuatan, dan tekstur. Selain keempat aspek tersebut, kandungan gizi antara pancake dan waffle rupanya juga berbeda. Waffle dilaporkan memiliki kandungan kalori dan kolestrol yang lebih tinggi dari pancake karena penggunaan mentega yang lebih banyak daripada pancake. Unttuk itu, imbangi dengan buah-buahan yang dijadikan sebagai toping saat menyantap waffle.

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH