Kembali ke Article

Pasta la Italiana

17 Jun 2021 Ragam
Pasta la Italiana source : manomet current
17 Jun/2021

 

Selain jadi bahan utama dalam pembuatan roti, tepung terigu juga merupakan bahan utama dalam pembuatan pasta. Bangsa Eropa menyebut pasta mengambil dari bahasa Italia, dan noodle dari bahasa Inggris untuk pasta yang berbentuk memanjang. Di Eropa bahan baku mi, umumnya  dari jenis-jenis gandum, sementara di Asia bahan baku mi lebih bervariasi. Di Asia pasta selalu dibuat berbentuk memanjang. Perbedaan mi terjadi karena campuran bahan, tepung yang digunakan sebagai bahan baku, serta teknik pengolahan.

 

 

 

Pasta adalah hasil olahan tepung terigu jenis hard durum atau semolina yang terbuat dari jenis gandum yang keras. Pasta kering (pasta secca) terbuat dari campuran tepung terigu dan air. Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur dan garam yang membentuk adonan, sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk.

source : parade
source : parade

 

Pasta made in   Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol. Pasta juga dapat dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang paling populer misalnya spaghetti, makaroni dan lasagna.

 

 

Di Italia, negara asal ditemukan pasta, produk pasta  dijual dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering ini dibuat dalam skala industri   dengan menggunakan mesin ekstruksi, dengan sistem  mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak. Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. 

source ; incountryvalueone
source ; incountryvalueone

 

Pasta segar tidak memerlukan waktu masak yang lama. Sayangnya pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi hingga mudah rusak dan busuk saat disimpan terlalu lama. Sebaliknya, pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga tiga tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10 %. Semua pasta yang sudah dimasak hanya tinggal dipanaskan dengan oven microwave, pasta siap saji sering dijumpai dibagian makanan beku pasar swalayan. Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran.

 

 

Menurut catatan,  Italia memiliki  lebih dari 650 jenis pasta. Dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang  panjang-panjang seperti mi disebut spaghetti, variasi yang lebih kurus disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine. Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

 

 

Article Lainnya


5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Mengolah Daging Bebek Cepat Empuk dan Anti Amis

Mengolah Daging Bebek Cepat Empuk dan Anti Amis

Bebek memiliki daging yang lebih gurih dan padat daripada ayam sehingga banyak sekali penggemar dagi...

JELAJAH