Kembali ke Article

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

04 May 2021 Headline Healthy Food
Pentingnya Makan Setelah Olahraga source : planet fitness
04 May/2021

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya,  tubuh   memperoleh bahan bakar dari protein yang tersimpan di otot. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai   glikogen. Karenaya setelah  melakukan gerakan terakhir dalam latihan, otot-otot  akan kehabisan glikogen dan mengalami kerusakan.

Makan atau minum yang menggabungkan kandungan protein dan karbohidrat  setelah 30 menit hingga satu jam latihan akan mengisi ulang simpanan energi. Asupan ini juga akan  membangun dan memperbaiki kembali otot-otot yang rusak, serta membantu menjaga pembakaran metabolisme tubuh. Semakin cepat Anda mulai mengisi kembali tubuh dengan asupan makanan, akan semakin baik kondisi tubuh Anda pasca latihan.

 

Melansir sebuah riset, Makanabis mendapati fakta, kemampuan tubuh untuk mengisi ulang simpanan protein pada otot akan berkurang hingga 50 persen setelah latihan fisik selesai. Itulah sebabnya penting untuk membawa bekal ringan seperti roti selai kacang atau jus buah dan sayur. Menurut    Journal of International Society of Sports Medicine,  mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein dan rendah karbohidrat adalah pilihan terbaik setelah berolahraga. 

source : mapmyran
source : mapmyran

Penelitian itu juga merekomendasikan makanan tertentu  untuk dikonsumsi setelah sesi latihan untuk membantu mempercepat pemulihan, memaksimalkan manfaat olahraga, dan membantu mempertahankan otot tanpa lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan: Protein kocok yang dibuat dengan setengah dari pisang, satu sendok bubuk protein, susu almond, dan biji rami. Salad dengan buncis panggang, minyak zaitun, dan cuka. Sayuran yang dikukus dengan tahu dan roti multi-grain dengan selai kacang mentah

 

Itulah pentingnya asupan makanan sebelum dan sesudah latihan fisik. Untuk mengoptimalkan sebuah latihan, tidak hanya perlu memaksimalkan latihan, tetapi juga menjaga asupan makan tetap seimbang dan istirahat yang cukup.

Article Lainnya


Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Buat Sendiri Minuman Detoxmu!!

Buat Sendiri Minuman Detoxmu!!

Detox atau detoksifikasi artinya proses pembuangan toksin atau racun dalam tubuh. Detox yang dilakuk...

5 Manfaat Meredam Kaki di Air Es

5 Manfaat Meredam Kaki di Air Es

Kaki adalah tempat berkumpulnya jutaan syaraf-syaraf tubuh. Seringkali masalah kesehatan berawal dar...

Waspada, Ini  5 Beda Daging Babi dan Sapi!!!

Waspada, Ini 5 Beda Daging Babi dan Sapi!!!

Kebutuhan daging di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran melonjak drastis. Momen ini dimanfaatkan ole...

JELAJAH