Kembali ke Article

Beda Ramen, Udon, dan Soba, Kembar Tapi Tak Sama

15 Sep 2020 Ragam
Beda Ramen, Udon, dan Soba, Kembar Tapi Tak Sama Image Source: https://japanramenbox.com/
15 Sep/2020

Makanan Jepang sudah masuk ke Indonesia sejak 1969, namun mengalami peningkatan signifikan saat tahun 90an. Saat ini, masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan berbagai makanan Jepang. Salah satunya adalah ramen yang merupakan olahan mi dengan kuah kaldu yang gurih. Makanan khas Jepang yang ternyata juga sesuai dengan lidah orang Indonesia ini bisa dinilai sebagai salah satu makanan Jepang yang paling disukai. Namun, ramen ternyata bukan satu-satunya olahan mi berkuah dari Jepang. Masih terdapat udon dan soba yang rupanya memiliki kemiripan dengan ramen sehingga sulit untuk dibedakan. Makanabis akan mengulas perbedaan dari ketiganya berikut ini.

 

foto : damndelicious
foto : damndelicious

Ramen

Bahan baku dari mi ramen terbuat dari tepung terigu. Bentuknya memanjang, tipis, dan agak keriting. Jika terlalu lama memasak ramen, maka mi akan hancur karena bentuknya yang kecil dan tipis. Kuah dari ramen diketahui lebih variatif, yakni shoyu, miso, atau shio. Namun pada umunya, kuah ramen cenderung lebih kental. Ciri khas lainnya dari ramen adalah penyajiannya selalu dalam keadaan panas. Memakan ramen dalam keadaan panas diyakini menambah kenikmatan dari ramen itu sendiri.

Image Source: https://questionjapan.com/
Image Source: https://questionjapan.com/

Udon

Sekilas, udon memang yang paling mirip dengan ramen karena sama-sama berwarna putih. Hanya saja, bentuk mi udon lebih tebal dan lebar. Udon diketahui memiliki bentuk paling besar diantara ramen dan soba. Untuk jenis kuah, udon biasa disajikan dengan kuah yang cenderung lebih encer dan kuah shoyu lah yang biasanya melengkapi udon. Kuah shoyu sendiri merupakan kuah yang terbuat dari campuran kecap asin dan kaldu daging atau sayuran. Berbeda dengan ramen, udon bisa dinikmati saat makanan ini dingin atau berada pada suhu normal.

foto : macheesmo
foto : macheesmo

Soba

Soba terbuat dari tepung gandum hitam, sehingga warna mi soba cenderung kehitaman. Selain warna, tepung gandum hitam juga mempengaruhi aroma dan rasa soba yang lebih kuat dibandingkan ramen dan udon. Dari segi tekstur, soba menyerupai ramen yang berbentuk memanjang, tipis, dan agak keriting. Tak seperti ramen, soba biasanya disantap saat dingin atau saat berada pada suhu normal. Untuk menyajikan soba, biasanya terdapat dua wadah dimana mi dan kuah akan disajikan di wadah terpisah.

 

Itu tadi perbedaan dari ketiga olahan mi berkuah dari Jepang yang menjadi favorit anak muda Indonesia. Jika dilihat dari segi nutrisi, mi soba rupanya menjadi olahan mi yang paling sehat diantara ramen dan udon karena bahannya yang terbuat dari gandum serta tidak mengandung lemak. Namun soal rasa, ketiganya tentu bisa membuatmu ketagihan.

Article Lainnya


Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Salah satu alternatif untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang putih adalah dengan memanggang...

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

JELAJAH